Home > Ragam Berita > Mantan Presiden Divonis Mati, Tiga Hakim Tewas Ditembak

Mantan Presiden Divonis Mati, Tiga Hakim Tewas Ditembak

Mantan Presiden Divonis Mati, Tiga Hakim Tewas DitembakSinai – Sejumlah penembakan terjadi di Mesir dan mengakibatkan tiga orang hakim tewas di tempat pada Sabtu (16/5/2015).

Dikutip dari okezone.com, Minggu (17/5/2015), sejumlah pria bersenjata melakukan penembakan beberapa jam setelah pengadilan Mesir menjatuhkan hukuman mati terhadap mantan Presiden Mesir Mohammad Morsi. Ini merupakan insiden penembakan pertama yang terjadi setelah vonis mati tersebut.

Seperti diketahui, Mohammad Morsi dijatuhi vonis hukuman mati oleh Pengadilan Mesir karena tuduhan menjadi mata-mata pihak asing. Saat ini, Mohammad Morsi juga sedang menjalani hukuman 20 tahun penjara karena dituduh melakukan penangkapan dan pembunuhan terhadap beberapa pengunjuk rasa di luar Istana Kepresidenan Mesir pada Desember 2012 lalu.

Mohammad Morsi merupakan Presiden Mesir pertama yang dipilih langsung oleh rakyat pada tahun 2012 setelah Husni Mubarak diturunkan lewat aksi demonstrasi. Namun pada Juli 2013 pihak Militer Mesir yang dipimpin oleh Abdul Fattah al-Sisi menggulingkan pemerintahan Morsi pasca terjadinya unjuk rasa besar-besaran ketika ia mengeluarkan dekrit kepada dirinya yang memberi kekuasaan lebih. Pada bulan Mei 2014, Abdul Fattah al-Sisi kemudian menggantikannya menjadi Presiden lewat kemenangan telak dalam pemilihan.

Penguasa Mesir yang baru kemudian melakukan ‘pembersihan’ terhadap para pendukung Morsi yang mengakibatkan lebih dari 1.400 orang tewas dan menyebabkan ribuan orang dipenjara.

Sampai saat ini belum ada yang mengaku bertanggungjawab terhadap penembakan tiga orang hakim tersebut. Namun pihak militer Mesir meyakini organisasi Ikhwanul Muslimin berada di balik tragedi ini. (Dwi Kristyowati – harianindo.com)

x

Check Also

Pembawa Bendera Bertuliskan Huruf Mengaku Simpatisan, Ini Kata FPI

Pembawa Bendera Bertuliskan Huruf Mengaku Simpatisan, Ini Kata FPI

Jakarta – Nuruf Fahmi (NF) mengaku kepada polisi bahwa dirinya adalah simpatisan Front Pembela Islam ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis