Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: Incar Situs Romawi Kuno, ISIS Bunuh Ratusan Orang

Berita ISIS Terkini: Incar Situs Romawi Kuno, ISIS Bunuh Ratusan Orang

Berita ISIS Terkini: Incar Situs Romawi Kuno, ISIS Bunuh Ratusan OrangPalmyra – Kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) diberitakan masih versikukuh ingin merebut situs Romawi Kuno yang terletak di kawasan kota berejarah Palmyra, Suriah. Bahkan, dalam beberapa hari terakhir ini pertempuran untuk mempertahankan situs kuno tersebut telah memakan korban sekitar 300 orang.

Seperti dilansir dari Al Jazeera (Senin, 18/5/2015), Lembaga Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (Syrian Observatory for Human Rights – SOHR) melaporkan bahwa korban tewas dalam pertempuran di Palmyra antara lain 123 orang dari pasukan keamanan Suriah, 115 anggota ISIS, dan 57 orang warga sipil yang tinggal tak jauh dari situs kuno tersebut. dari jumlah ini, ISIS dikabarkan bertanggung jawab atas hilangnya 180 nyawa di Palmyra.

Keseriusan ISIS untuk menguasai situs bersejarah ini telah membuat khawatir komunitas internasional. Direktur Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO), Irina Bokova, menyatakan bahwa ISIS memang telah lama mengincar berbagai situs kuno yang sangat berharga.

Kepala Benda Antik Kota Palmyra, Mamoun Abdulkarim, mengatakan bahwa pasukan keamanan Suriah saat ini masih bisa menahan gempuran ISIS. Dirinya mengatakan bahwa saat ini situs Romawi Kuno di Palmyra tidak mengalami kerusakan akibat pertempuran tersebut. Namun demikian, pihak pengelola situs kuno tersebut belum merasa tenang dan selalu waspada.

Pemerintah Suriah menyatakan bahwa mereka akan terus berupaya untuk menggagalkan rencana ISIS untuk menguasai situs Romawi Kuno yang berada di kawasan tersebut. Karena bila sampai situs ini jatuh ke tangan ISIS, maka tentunya mereka akan melakukan pengrusakan dan penjarahan benda-benda kuno yang berada di lokasi bersejarah tersebut. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Fadli Zon Sarankan Jokowi Pakai Mobil Esemka, Ini Komentar Luhut

Fadli Zon Sarankan Jokowi Pakai Mobil Esemka, Ini Komentar Luhut

Jakarta – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon menyarankan agar Presiden Joko Widodo ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis