Home > Ragam Berita > Konflik Yaman: Gencatan Senjata Berakhir, Koalisi Arab Kembali Gempur Houthi

Konflik Yaman: Gencatan Senjata Berakhir, Koalisi Arab Kembali Gempur Houthi

Konflik Yaman: Gencatan Senjata Berakhir, Koalisi Arab Kembali Gempur HouthiAden – Masa gencatan senjata untuk kemanusiaan antara Koalisi Negara Arab dan Kelompok Houthi di Yaman telah berakhir. Tak berselang lama, saksi mata melaporkan bahwa Koalisi Negara Arab yang dipimpin oleh Arab Saudi telah memulai kembali serangannya terhadap basis pertahanan Kelompok Houthi.

Seperti dilansir dari Reuters (Senin, 18/5/2015), serangan yang berlangsung selama 16 sampai 17 Mei 2015 malam waktu setempat itu terjadi di di Aden, Yaman. Saksi mata mengatakan bahwa ledakan terdengar di dekat bandara di kota tersebut, serta terdengar pula di wilayah Khor Maksar dan Carter.

Sementara itu, bentrokan secara sporadis juga kembali berlanjut di Kota Taiz dna Dhalea. Warga setempat melaporkan bahwa sekitar 15 orang terbunuh akibat pertempuran di dua kota tersebut.

Bentrokan terparah, antara Kelompok Houthi melawan kelompok militan lokal, terjadi di Kota Taiz. Konflik bersenjata di kawasan ini telah menewaskan 10 orang.

Pertempuran yang terjadi di Kota Dhalea sendiri telah dimulai sejak 16 Mei 2015 lalu, bahkan sebelum berakhirnya masa gencatan senjata pada 17 Mei 2015. Lima orang dilaporkan tewas dalam bentrokan di sana.

Muncul pula laporan mengenai pecahnya pertempuran di Shabwa, sebuah provinsi di sebelah timur Aden. Warga lokal di kawasan tersebut dilaporkan melakukan perlawanan kepada Kelompok Houthi. Warga lokal tersebut ingin merebut kembali wilayah Arteq yang saat ini berada dalam kendali Houthi. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Bule Ini Nekat Pakai Kaos Palu Arit di Borobudur, Apa Alasannya?

Bule Ini Nekat Pakai Kaos Palu Arit di Borobudur, Apa Alasannya?

Jakarta – Seorang wisatawan asal Prancis harus berurusan dengan pihak keamanan saat hendak memasuki Taman ...