Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: 500 Orang Tewas Dalam Pertempuran di Ramadi

Berita ISIS Terkini: 500 Orang Tewas Dalam Pertempuran di Ramadi

Berita ISIS Terkini: 500 Orang Tewas Dalam Pertempuran di Ramadi

Kondisi bangunan di Kota Ramadi
(sumber foto: IB Times)

Baghdad – Juru Bicara Gubernur Anbar, Muhammad Haimour, melaporkan bahwa sampai hari ini, korban jiwa akibat pertempuran di Kota Ramadi antara pasukan keamanan Irak melawan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) telah mencapai kisaran 500 orang. Ratusan korban tersebut berjatuhan dalam pertempuran yang berakhir dengan jatuhnya Kota Ramadi ke tangan ISIS pada Minggu, 17 Mei 2015, lalu.

Seperti dilansir dari Al Arabiya (Senin, 18/5/2015), Haimour mengatakan bahwa pihaknya memang tidak memiliki catatan angka yang akurat mengenai korban jiwa. Namun pihaknya memperkirakan bahwa 500 orang dari pihak militer dan warga sipil telah tewas akibat pertempuran sengit di Ramadi. Selain itu, 8.000 penduduk kota tersebut juga telah meninggalkan kota menuju wilayah-wilayah yang masih aman dari ISIS. Estimasi ini, lanjut Haimour, dibuat berdasarkan perhitungan cepat selama tiga hari terakhir.

Menurut kesaksian pegawai pemerintah setempat, jenazah-jenazah warga dan tentara banyak bergelimpangan di jalanan Kota Ramadi. ISIS juga dilaporkan telah melakukan pembunuhan massal terhadap petugas keamanan Irak dan warga sipil Kota Ramadi yang mereka tangkap.

Setelah jatuhnya Kota Ramadi ke tangan ISIS, Perdana Menteri Irak, Haider Al Abadi, memerintahkan pasukan keamanan Irak untuk memperketat penjagaan dan tidak meninggalkan pos-pos keamanan mereka di sekitar wilayah Anbar. Hak ini dilakukan untuk mencegah ISIS menguasai seluruh wilayah yang didominasi oleh gurun pasir tersebut.

Adapun Kota Ramadi sendiri merupakan Ibukota Provinsi Anbar. Kota ini memiliki posisi yang strategis karena memiliki akses jalan raya yang terhubung langsung dengan Ibukota Negara Irak, Baghdad. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Bejat! Perawat Pria Ini Perkosa Mayat Perempuan Yang Baru Satu Jam Meninggal Dunia

Bejat! Perawat Pria Ini Perkosa Mayat Perempuan Yang Baru Satu Jam Meninggal Dunia

La Paz – Seorang perawat pria bernama Grover Macuchapi (27) harus berurusan dengan polisi setelah ...