Home > Ragam Berita > Khawatir Beredarnya Beras Sintetis Di Batam

Khawatir Beredarnya Beras Sintetis Di Batam

Khawatir Beredarnya Beras Sintetis Di BatamBatam – Munculnya rumor berita terkait beras sintesis memang bermula di Bekasi dengan sebutan awal beras plastik ini memang membuat warga yang ada di daerah lain menjadi resah tidak terkecuali dengan warga Batam.

Ketika ditemui wartawan harianindo, Rabu (20/5), Kepala Kantor Karantina Pertanian Kelas I Batam, Arinaung Siregar mengungkapkan bahwa sampai saat ini di Batam belum ada pihak yang menemukan beras sintetis tersebut.

Walaupun demikian, pihaknya akan melakukan pengawasan secara ketat. Sehingga beras palsu yang dapat menyebabkan kanker itu tidak masuk ke Batam. Sedangkan Kepala BPOM Kepri, Setia Murni mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan penanganan di makanan olahan saja.

Hal ini dikarenakan dari peraturan yang ada makanan segar seperti beras penanganannya dilakukan oleh Dinas Pertanian. Sedangkan untuk fungsi pengawasan pihak BPOM menjalin bekerja sama dengan Polda Kepri beserta dengan instansi terkait berkaitan dengan pelaksanaan uji sampling kepada beras yang saat ini beredar di Batam.

Setia menuturkan bahwa kemarin pihaknya telah melakukan sampling dan diprediksi hasilnya baru akan keluar seminggu lagi. Tujuan uji sampling ini adalah apakah benar beras sintesis ini dapat masuk ke Batam atau tidak.

Diakui oleh Murni bahwa untuk membedakan antara beras asli dengan sintesis sangat sulit. Namun nanti dari hasil sampling ini pihak BPOM akan menggandeng Polda Kepri dan beberapa instansi yang terkait. (Rani Soraya – www.harianindo.com)

x

Check Also

Agus Yudhoyono Kunjungi Ahok di Penjara, Saling Mendoakan

Agus Yudhoyono Kunjungi Ahok di Penjara, Saling Mendoakan

Jakarta – Agus Harimurti Yudhoyono berkunjung ke Rumah Tahanan Mako Brimob Kelapa Dua Depok untuk ...