Home > Ragam Berita > Kapal Malaysia Diledakkan Di Belawan

Kapal Malaysia Diledakkan Di Belawan

Kapal Malaysia Diledakkan Di BelawanBelawan – Kapal-kapal ikan asing yang terlibat dalam illegal fishing PKFB 677 dan berhasil ditangkap oleh Pengkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan, pada Rabu (20/5) kemarin telah diledakan sampai tenggelam ke dasar laut. Peledakan ini dilakukan di Perairan Lampu Satu Belawan.

Tujuan penenggelaman kapal yang memiliki bobot 60 GT (Gross Tonase) dengan bendera Malaysia ini bertujuan untuk menurunkan tindak kejahatan illegal fishing yang ada di Perairan Indonesia.

Dalam keterangan persnya, Rabu (20/5), kata Komandan Lantamal I Belawan, Laksamana Pertama TNI Yudo Margono mengungkapkan bahwa memang tindakan peledakan ini adalah putusan dari pengadilan. Sehingga dengan adanya tindakan ini dapat mengurangi kejahatan ilegal fishing.

Tercatat dalam 5 bulan terakhir ini, petugas TNI AL Belawan I berhasil menangkap 3 unit, dengan 2 diantaranya sudah memiliki kekuatan hukum tetap sedangkan 1 unit lainnya saat ini masih dalam tahapan proses persidangan.

Untuk 2 unit itu, 1 unit kapal diledakkan sedangkan 1 unit yang lainnya telah dirampas oleh Negara. Dibeberkan oleh Yudo bahwa saat ini di wilayah perbatasan dilakukan pengawasan dengan melakukan operasi patroli laut. Dimana operasi pengamanan ini dilakukan secara rutin dengan menggunakan KRI dan patroli udara maritim.

Oleh karena itu dipangkalan ada kapal perang yang digunakan untuk patroli di lautan. Peneggelaman kapal ini dilaksanakan sekitar pukul 10.00 WIB yang dihadiri oleh Kadis Kelautan dan Perikanan Sumut, Zonny Waldi, Kajari Belawan M Syarifuddin SH MH, Dirpolairdasu dan Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Aswin Sipayung. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Bule Ini Nekat Pakai Kaos Palu Arit di Borobudur, Apa Alasannya?

Bule Ini Nekat Pakai Kaos Palu Arit di Borobudur, Apa Alasannya?

Jakarta – Seorang wisatawan asal Prancis harus berurusan dengan pihak keamanan saat hendak memasuki Taman ...