Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: ISIS Eksekusi Warga di Kota Kuno Palmyra

Berita ISIS Terkini: ISIS Eksekusi Warga di Kota Kuno Palmyra

Berita ISIS Terkini: ISIS Eksekusi Warga di Kota Kuno PalmyraDamaskus – Telah diberitakan sebelumnya bahwa kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) telah berhasil menduduki kota kuno Palmyra di Suriah. Perkembangan terbaru mengatakan bahwa kelompok militan tersebut telah mulai mengeksekusi warga sipil dan loyalis pemerintah yang mereka tangkap di sekitar kota bersejarah tersebut.

Lembaga Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (Syrian Observatory for Human Rights – SOHR), yang berbasis di Inggris, melaporkan bahwa sedikitnya 17 orang telah dieksekusi ISIS di Kota Palmyra, yang diantaranya juga terdapat warga-warga sipil.

Seperti dilansir dari news.com.au (Jumat, 22/5/2015), Direktur SOHR, Rami Abdul Rahman, mengatakan bahwa ISIS telah mengeksekusi 17 orang yang diantaranya terdapat warga sipil dan loyalis pemerintah Bashar al Assad. Empat orang dari mereka dieksekusi dengan cara dipenggal.

Rami mengatakan lagi bahwa warga sipilyang menjadi korban eksekusi merupakan pegawai dari dewan peemrintah setempat. Sementara dari pihak loyalis pemerintah, terdapat pula seorang personil militer Suriah dan anggota militan pro-pemerintah yang menamakan dirinya dengan Pasukan Pertahanan Nasional. Mereka yang dieksekusi ini dituduh ISIS telah membantu berjalannya rezim Pemerintah Suriah yang baru.

Rami melanjutkan bahwa selain melakukan eskekusi, ISIS juga melakukan larangan bagi warga Palmyra lainnya untuk tetap berada di dalam rumah masing-masing. Seorang aktivis Suriah, Mohammad Hassan al-Homsi, menyampaikan lewat akun Facebook miliknya bahwa ISIS juga melakukan penyisiran terhadap rumah-rumah warga untuk mencari loyalis-loyalis pemerintah lainnya yang belum tertangkap.

Adapun berdasarkan data yang diterima SOHR, sedikitnya 460 orang telah tewas dalam pertempuran memperebutkan Palmyra, yang telah terjadi sejak 13 Mei 2015 lalu. Dan dengan jatuhnya Kota Palmyra, yang berusia lebih dari 2.000 tahun, maka ISIS telah menguasai separuh dari keseluruhan wilayah Suriah. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Mantan Staf Beberkan Aliran Dana Operasional Ahok

Mantan Staf Beberkan Aliran Dana Operasional Ahok

Jakarta – Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok membantah pernyataan Gubernur DKI Jakarta yang sekarang, Anies ...