Home > Ragam Berita > Beras Plastik: Petugas Sidak ke Pasar, Temukan Beras yang Meleleh Saat Dibakar

Beras Plastik: Petugas Sidak ke Pasar, Temukan Beras yang Meleleh Saat Dibakar

Beras Plastik: Petugas Sidak ke Pasar, Temukan Beras yang Meleleh Saat DibakarKendari – Isu beredarnya beras plastik atau sintetis telah semakin menyebar di seluruh wilayah Indonesia. Terkait hal ini, Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Kendari, bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Jumat ini (22/5/2015) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa pasar tradisional dan swalayan.

Dalam sidak tersebut, petugas dari Disperindag Kendari sempat menemukan beras yang diduga kuat merupakan beras sintetis. Beras impor bermerk Bawang dan Naga Emas tersebut diuji dengan cara membakar butirannya. Hasilnya, butiran beras impor ini pun meleleh.

Kepala Bidang Disperindag Kota Kendari, Ida Rianti, mengatakan kepada Kompas bahwa untuk memastikan kecurigaan ini, petugas mengambil sampel beras impor tadi untuk kemudian diuji di laboratorium yang berada di kantor BPOM. Beras-beras impor yang diambil sampelnya ini ditemukan di sebuah toko swalayan dan toko sembako di Pasar Mandonga.

Ida menjelaskan bahwa beras impor dari China yang bermerk Bawang dan Naga Emas ini dikirim dari Surabaya. Untuk memastikan kecurigaan petugas, sampel kedua merk beras ini akan diuji di laboratorium milik BPOM.

Namun demikian, Ida mengatakan bahwa pihaknya tidak akan menyita atau menarik peredaran kedua merk beras tersebut sebelum ada hasil dari uji laboratorium. Dirinya pun menghimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam memilih dan membeli beras, karena sudah tentu mengkonsumsi beras plastik atau sintetik dapat mengganggu kesehatan. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Kasus Palu Arit Habib Rizieq Naik ke Tingkat Penyidikan

Kasus Palu Arit Habib Rizieq Naik ke Tingkat Penyidikan

Jakarta – Polda Metro Jaya memutuskan untuk menaikkan level kasus ucapan Habib Rizieq yang menyinggung ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis