Home > Ragam Berita > Beras Plastik: Perwakilan Indonesia dan Tiongkok Lakukan Penelusuran

Beras Plastik: Perwakilan Indonesia dan Tiongkok Lakukan Penelusuran

Beras Plastik: Perwakilan Indonesia dan Tiongkok Lakukan PenelusuranBeijing – Perwakilan Pemerintah Indonesia di Tiongkok, bekerjasama dengan pemerintah setempat sedang menyusun rencana untuk melakukan penelusuran arus peredaran beras Tiongkok ke Indonesia, yang diduga kuat telah tercampur dengan bahan sintetis.

Seperti dilansir dari Antara (Jumat, 22/5/2015), Duta Besar Republik Indonesia untuk Tiongkok merangkap Mongolia, Soegeng Rahardjo, mengatakan di Beijing bahwa apa benar beras sintetis ini memang murni berasal dari Tiongkok. Pasalnya, asal usul beras plastik atau sintetis tersebut memang belum terkonfirmasi berasl dari Tiongkok. Oleh karena itu, jika hasil laboratorium sudah pasti, maka akan jelas pula bagaimana penanganannya.

Sementara itu, Atase Perdagangan KBRI Tiongkok, Dandy Iswara, mengatakan bahwa pihaknya akan bertemu dengan kantor administrasi umum karantina Tiongkok, yakni General Administration of Quality Supervision, Inspection, dan Quarantee. Pertemuan tersebut tentu saja untuk membahas dugaan beredarnya beras sintetis asal Tiongkok di pasar Indonesia. Dandy mengatakan pula bahwa pihaknya akan membicarakan mengenai langkah penelusuran beras yang mengandung bahan sintetis tersebut.

Adapun berdasarkan data dari Kantor Bea dan Cukai Tiongkok, tercatat bahwa ekspor komoditi beras Tiongkok ke Indonesia pada periode Januari hingga Maret 2015 telah mencapai nilai 182 juta dollar AS.

Sementara itu, Kementerian perdagangan (Kemendag) masih menunggu hasil uji Laboratorium yang dilaksanakan oleh Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri yang bekerjasama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Hasil resmi tersebut masih harus menunggu beberapa waktu ke depan meski hasil uji lainnya dari laboratorium PT Sucofindo menyatakan bahwa beras yang diambil sampelnya tersebut positif mengandung bahan baku plastik. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Adik Gus Dur Menyebut Ada Pihak Yang Ingin Membenturkan Islam

Adik Gus Dur Menyebut Ada Pihak Yang Ingin Membenturkan Islam

Jombang – KH. Salahuddin Wahid menilai bahwa saat ini ada pihak-pihak yang sedang berusaha untuk ...