Home > Ragam Berita > Bom Bunuh Diri Meledak di Masjid Syiah di Arab Saudi

Bom Bunuh Diri Meledak di Masjid Syiah di Arab Saudi

Bom Bunuh Diri Meledak di Masjid Syiah di Arab SaudiRiyadh –Dikabarkan telah terjadi sebuah bom bunuh diri di sebuah masjid Muslim Syiah yang berada di Arab Saudi. Ledakan yang terjadi di masjid yang berlokasi di Desa Al Qadeeh, Provinsi Qatif, tersebut telah menyebabkan sekitar 10 orang tewas. Bom tersebut meledak saat umat Syiah tengah menjalankan ibadah Sholat Jumat.

Seperti dilansir dari BBC (Jumat, 22/5/2015), dokter Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Pusat Qatif melaporkan bahwa 70 orang mengalami luka-luka akibat bom bunuh diri tersebut. Beberapa orang diantaranya bahkan dalam keadaan kritis.

Saksi mata melaporkan bahwa mereka mendengar dan melihat ledakan besar di Masjid Imam Ali. Serangan bom bunuh diri ini merupakan insiden pertama di Arab Saudi yang berpotensi memicu ketegangan antara Muslim Sunni dan Syiah. Saat ini pihak otoritas Arab Saudi tengah menyelidiki siapa dalang dibalik aksi bom bunuh diri ini.

Adapun serangan ini terjadi di tengah gencar-gencarnya Arab Saudi memimpin serangan militernya ke Yaman bersama Koalisi Negara-Negara Arab lainnya untuk membasmi Kelompok Houthi di sana. Kelompok Houthi sendiri sejatinya merupakan satu fraksi politik di Yaman yang beraliran Syiah.

Syiah sendiri menjadi kaum minoritas di wilayah Arab Saudi. Mereka kebanyakan tinggal di wilayah timur negri kaya minyak tersebut. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pengamat Menilai Anies Baswedan Sedang Memainkan Politik Identitas

Pengamat Menilai Anies Baswedan Sedang Memainkan Politik Identitas

Jakarta – Pidato Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota pada Senin (16/10/2017) malam ...