Home > Ragam Berita > Pengungsi Rohingya: Presiden Jokowi Pastikan Malaysia dan Thailand Siap Bantu Pengungsi

Pengungsi Rohingya: Presiden Jokowi Pastikan Malaysia dan Thailand Siap Bantu Pengungsi

Pengungsi Rohingya: Presiden Jokowi Pastikan Malaysia dan Thailand Siap Bantu PengungsiJakarta – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), telah memastikan bahwa Malaysia dan Thailand telah menyatakan kesediaannya untuk bekerjasama dengan Indonesia mengatasi masalah pengungsi Rohingya. Kesepakatan ini dicapai melalui pertemuan Menteri Luar Negeri Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Dijumpai oleh pers di Jakarta pada Sabtu kemarin (23/5/2015), Presiden Jokowi mengatakan bahwa semua negara telah sepakat untuk bekerjasama mengatasi isu ini. Selain itu, Presiden Jokowi juga memastikan bahwa Myanmar telah menyatakan kesanggupannya untuk menahan semaksimal mungkin aksi ‘eksodus’ dari etnik Rohingya untuk keluar dari wilayah mereka. Dengan begitu, diharapkan jumlah pengungsi tidak akan terus bertambah tidak terkendali. Presiden Jokowi mengatakan bahwa ini adalah jalan keluar yang sangat baik.

Presiden Jokowi juga mengharapkan peranan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk membantu pengungsi Rohingya yang mengungsi dari Myanmar dan Bangladesh. Presiden pun mengatakan bahwa biaya akan ditanggung oleh PBB dan sejumlah negara yang sepakat untuk membantu.

Saat ini, Pemerintah Indonesia telah berusaha agar sebagian pengungsi Rohingya yang terkatung-katung di laut untuk ditarik ke wilayah darat. Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla , juga telah memerintahkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPN), Syamsul Maarif, untuk membantu penanganan pengungsi Rohingya yang telah mendarat di Aceh. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Panglima TNI Ditolak Masuk Wilayah AS, Ternyata Ini Alasannya

Panglima TNI Ditolak Masuk Wilayah AS, Ternyata Ini Alasannya

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dilarang memasuki wilayah Amerika Serikat oleh pihak otoritas ...