Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: Milisi Syiah dan Militer Irak Mulai Operasi Militer ke Kota Ramadi

Berita ISIS Terkini: Milisi Syiah dan Militer Irak Mulai Operasi Militer ke Kota Ramadi

Berita ISIS Terkini: Milisi Syiah dan Militer Irak Mulai Operasi Militer ke Kota Ramadi

Milisi Syiah menembakkan roket ke arah basis pertahanan ISIS di Kota Tikrit
(sumber foto: AFP)

Baghdad – Sabtu kemarin (23/5/2015), pasukan militan Syiah bekerjasama dengan militer Irak dikabarkan telah memulai operasi militernya untuk merebut kembali Kota Ramadi dari cengkeraman kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Mereka dilaporkan tengah bergerak menuju ke wilayah di timur Ramadi dan bersiap untuk melancarkan serangan balasan untuk membebaskan Ibukota Provinsi Anbar tersebut.

Seperti dilansir dari reuters (Minggu, 24/5/2015), Azzal Obaid, seorang anggota dewan Provinsi Anbar, mengatakan bahwa ratusan anggota kelompok militan Syiah, yang pekan lalu sempat dimobilisasi ke pangkalan udara Habbaniyah, kali ini bergerak ke Khalidiya dan telah mendekati wilayah Siddiqiya dan Madiq, yang merupakan dua kota kecil di dekat Kota Ramadi. Keterangan Obaid tersebut diamini oleh dua orang perwira polisi, yang juga mengatakan bahwa pasukan pro-pemerintah dan anggota milisi dari suku-suku Sunni dan Syiah telah bergerak maju hingga wilayah Siddiqiya dan Madiq.

Laporan yang beredar mengatakan lagi bahwa kekuatan militer pemerintah telah berada satu kilometer dari Kota Husaiba al-Sharqiya, yang juga telah dikuasai oleh ISIS. Kota ini terletak tujuh kilometer dari baats timur Kota Ramadi.

Jaffar Husseini, seorang juru bicara kelompok paramiliter (sipil yang dilatih secara militer) Syiah Kataib Hezbollah, melaporkan bahwa lebih dari 2.000 orang anggotanya telah bergabung dengan pasukan Pemerintah Irak di Khalidiya. Mereka bahkan telah menguasai jalan raya utama yang menghubungkan kota tersebut dengan pangkalan udara Habbaniya.

Husseini mengatakan lagi bahwa hari ini (Minggu, 24/5/2015), akan dilaksanakan sebuah operasi taktis yang nantinya akan membuka jalan untuk operasi yang lebih besar lagi, yakni operasi pembebasan Kota Ramadi dari tangan ISIS.

Adapun di saat yang bersamaan, ISIS juga mulai memobilisasi anggotanya mendekati Kota Faullujah. Mereka bermaksud untuk menguasai wilayah yang lebih banyak lagi di antara Ramadi dan Fallujah. Operasi ini krusial bagi ISIS karena bila sukses, maka akan membuat mereka semakin mendekati Ibukota Irak, Baghdad. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

FPI Keberatan Dengan Perppu Ormas, Polri Sindir Ormas Yang Bertingkah Seperti Polisi

FPI Keberatan Dengan Perppu Ormas, Polri Sindir Ormas Yang Bertingkah Seperti Polisi

Jakarta – Front Pembela Islam (FPI) menyatakan keberatannya dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Perppu ...