Home > Ragam Berita > Pengungsi Rohingya: Pemerintah Myanmar akan Kunjungi Pengungsi di Aceh

Pengungsi Rohingya: Pemerintah Myanmar akan Kunjungi Pengungsi di Aceh

Pengungsi Rohingya: Pemerintah Myanmar akan Kunjungi Pengungsi di AcehJakarta – Pemerintah Myanmar dikabarkan akan segera mengutus perwakilannya dari kedutaan besar di Jakarta untuk melihat secara langsung keadaan pengungsi Rohingya asal Myanmar yang saat ini tinggal di tempat-tempat penampungan di Aceh.

Seperti dilansir dari BBC (Sabtu, 23/5/2015), rencana Pemerintah Myanmar tersebut merupakan salah satu hasil pertemuan antara Menteri Luar Negeri Indoensia, Retno Marsudi, dengan Menetri Luar Negeri Myanmar, Wunna Maung Lwin di Nap Pyi Taw, yang diselenggarakan pada Kamis lalu (21/5/2015). Pun demikian, belum jelas kapan duta besar Myanmar di Jakarta bersama perwakilan Myanmar lainnya akan mengadakan kunjungan ke Aceh. Itupun bila Pemerintah Myanmar 100 persen berkomitmen menepati kesepakatan tadi. Banyak pihak meragukan hal ini.

Adapun sebelum datangnya gelombang migran terbaru, Indonesia telah menampung hampir 1.000 orang pengungsi Rohingya. Mereka terdaftar di Badan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR). Para pengungsi ini memilih bertahan di Indonesia dan Malaysia selama bertahun-tahun karena Pemerintah Myanmar sendiri enggan mengakui mereka sebagai warga negaranya.

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia mengatakan bahwa Pemerintah Myanmar akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah aksi eksodus massal etnik Rohingya tersebut untuk terjadi kembali. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

ISIS Dikabarkan di Ambang Kebangkrutan

ISIS Dikabarkan di Ambang Kebangkrutan

Jakarta – Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang dulu ditakuti sebagai kelompok teroris terorganisir ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis