Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: ISIS Ngotot Pertahankan Kilang Minyak Baiji

Berita ISIS Terkini: ISIS Ngotot Pertahankan Kilang Minyak Baiji

Berita ISIS Terkini: ISIS Ngotot Pertahankan Kilang Minyak BaijiBaiji – Kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) masih terus ngotot untuk mempertahankan kilang minyak di Kota Baiji. Kelompok radikal tersebut masih terus melakukan perlawanan terhadap serbuan tentara Pemerintah Irak yang hendak merebut kembali kilang minyak tersebut dari tangan mereka. Akibat pertempuran yang berjalan alot tersebut, kilang minyak tersebut malah terbakar dan mengeluarkan asap hitam pekat yang membumbung ke udara, dan bisa dilihat dari jarak yang cukup jauh.

Seperti dilansir dari Al Jazeera (Senin, 25/5/2015), akibat kobaran api yang demikian besar di kompleks kilang minyak tersebut, tentara Irak pun terpaksa mundur dari wilayah tersebut. Kolonel Maan Al-Sa’eedi, salah seorang petinggi kepolisian di Kota Baiji mengatakan bahwa pihaknya berharap tentara Irak akan segera kembali lagi ke Kota Baiji untuk melanjutkan misinya menghancurkan ISIS.

Telah banyak diberitakan bahwa Kota Baiji memiliki kompleks kilang minyak yang terbesar di Irak. Kilang minyak ini mampu menghasilkan ratusan ribu barel minyak yang harganya bisa mencapai jutaan dollar.

Kota yang berjarak 200 km dari Ibukota Irak, Baghdad, tersebut jatuh ke tangan ISIS sejak bulan Juni 2014 lalu. Hasilnya, ISIS pun menjadikan kilang minyak di sana sebagai sumber pendapatan untuk mendanai kampanye perang mereka. ISIS menjual minyak dari kialng tersebut di pasar gelap. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Kapolri Gantikan Kapolda Metro Jaya Dengan Mantan Kepala Divisi Propam Polri

Kapolri Gantikan Kapolda Metro Jaya Dengan Mantan Kepala Divisi Propam Polri

Jakarta – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengirimkan telegram rahasia nomor ST/1768/VII/2017 tertanggal 20 Juli ...