Home > Ragam Berita > Pengungsi Rohingya: Myanmar Berjanji untuk Kembalikan 200 Pengungsi Asal Bangladesh

Pengungsi Rohingya: Myanmar Berjanji untuk Kembalikan 200 Pengungsi Asal Bangladesh

Pengungsi Rohingya: Myanmar Berjanji untuk Kembalikan 200 Pengungsi Asal BangladeshNaypyidaw – Pemerintah Myanmar dikabarkan telah mengadakan perjanjian dengan Pemerintah Bangladesh untuk memulangkan sekitar 200 warga Bangladesh yang ikut menumpang dalam perahu yang diselamatkan Myanmar pekan lalu. Perjanjian ini dicapai melalui pertemuan antara perwakilan dari Duta Besar Myanmar untuk Bangladesh, Menteri Luar Negeri Bangladesh, dan pegawai Pemerintah Bangladesh di Myanmar.

Seperti dilansir dari Reuters (Selasa, 26/5/2015), Pemerintah Myanmar menyatakan bahwa terdapat 200 orang asal Bangladesh yang ditemukan bersama 208 orang lainnya di dalam perahu yang diselamatkan oleh petugas keamanan laut Myanmar pada Jumat 22 Mei 2015 lalu, di pantai barat Provinsi Rakhine. Petugas mengatakan bahwa imigran-imigran lainnya merupakan orang Bengali, yakni sebutan lain penduduk etnik Rohingya yang berasal dari Myanmar.

Selain itu, para pria yang juga ditemukan di perahu tersebut mengaku berasal dari berbagai kota, seperti misalnya Kota Chittagung, Kota Cox’s Bazar, dan Kota Dhaka. Para imigran ini mengaku telah ditipu atau dipaksa masuk ke dalam perahu tersebut.

Salah satu imigran, MohampdMufa Zalhusin, mengatakan bahwa dirinya hanya bermaksud untuk mengunjungi Pantai Cox’s Bazar. Namun kemudian dua orang memaksa dirinya untuk masuk ke dalam sebuah perahu. Di dalam perahu, Mohamod diberitahu bahwa seseorang telah membeli dirinya.

Mohamod melanjutkan bahwa perahu yang ditumpanginya berlayar menuju Thailand. Di sini, setap orang dimintai uang tebusan sebesar 50 ribu taka, atau sekitar Rp 8,5 juta, jika ingin pulang ke Bangladesh. Tak bisa membayar, Mohamod dan penumpang perahu lainnya pun kembali berlayar hingga ditemukan oleh petugas keamanan laut Myanmar. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Wanita Yang Pakai Rok Mini di Video Snapchat Dibebaskan Polisi Saudi Tanpa Dakwaan

Wanita Yang Pakai Rok Mini di Video Snapchat Dibebaskan Polisi Saudi Tanpa Dakwaan

Riyadh – Pihak kepolisian Arab Saudi akhirnya membebaskan seorang wanita yang terekam hanya mengenakan rok ...