Home > Ragam Berita > Kenaikan Harga Terjadi Sebelum Ramadhan

Kenaikan Harga Terjadi Sebelum Ramadhan

Kenaikan Harga Terjadi Sebelum RamadhanSurabaya โ€“ Pada minggu ketiga Mei 2015, sudah ada beberapa komoditas seperti telor ayam ras dan juga daging ayam ras, bawang merah, bawang putih yang mengalami kenaikan. Tercatat telur ayam ras mengalami inflasi 0,06 persen, daging ayam ras 0,05 persen, bawang merah 0,04 persen, dan bawang putih 0,03 persen.

Hal ini dikarenakan tingginya permintaan jelang bulan Ramadan. Dalam keterangan persnya, Senin (25/5), Wakil Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jatim Soekowardojo membeberkan bagwa inflansi di bulan Mei ini ada di angka 0,3 persen. Dimana yang sudah mengalami kenaikan adalah volatile food.

Sedangkan untuk komponen core inflation masih mengalami deflasi. Kemungkinan besar administered price yang akan naik adalah tarif listrik, Pertamax, dan rokok. Ditambahkan oleh Kepala BI Provinsi Jawa Timur (Jatim) Benny Siswanto bahwa sebenarnya inflasi di musim Ramadan dan Idul Fitri pada tahun ini sudah dapat ditekan.

Hal ini dikarenakan stok komoditas masih aman, sedangkan untuk kenaikan harga di komponen administered price sampai saat ini masih bisa ditunda hingga Lebaran usai. Bulog sendiri telah mengkonfirmasi bahwa stok aman. Walaupun sebenarnya nanti akan naik dengan permintaan yang cukup tinggi.

Ditambah lagi pertamina juga sekarang ini belum akan menaikkan harga BBM. Tentu hal ini sangat membantu. Terkait kenaikan harga-harga jelang Ramadhan dan Idul FItri, pihak BI Jatim dengan gubernur beserta semua jajaran TPID akan berusaha untuk menekan inflasi.

Benny juga telah membeberkan pengamanan harga ini akan dilakukan sesegera mungkin, tanpa menunggu harga melambung. Diharapkan instansi terkait dapat transparan terkait stok ketersediaan komoditas, perhitungan harga serta distribusinya.(Tita Yanuantari โ€“ www.harianindo.com)

x

Check Also

Tragis, ABG 15 Tahun Diperkosa Enam Pemuda Secara Live di Facebook

Tragis, ABG 15 Tahun Diperkosa Enam Pemuda Secara Live di Facebook

Chicago โ€“ Fitur Live yang tersedia di jejaring sosial Facebook kembali disalahgunakan oleh orang-orang yang ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis