Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: ISIS Bentrok dengan Taliban, Tewaskan 27 Orang

Berita ISIS Terkini: ISIS Bentrok dengan Taliban, Tewaskan 27 Orang

Berita ISIS Terkini: ISIS Bentrok dengan Taliban, Tewaskan 27 Orang

Anggota Taliban di Provinsi Ghazni, Afghanistan
(sumber foto: AFP)

Kabul – Pada Minggu, 24 Mei 2015, lalu dilaporkan telah etrjadi bentrokan bersenjata antara kelompok Taliban dengan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Bentrokan maut yang terjadi di wilayah barat Afghanistan tersebut telah menewaskan sedikitnya 27 orang, dan mengakibatkan 20 orang lainnya luka-luka.

Seperti dilansir dari The Times of India (Selasa, 26/5/2015), Juru Bicara Kemiliteran Afghanistan, Mohamad Hanif Rezaey, mengatakan bahwa sebanyak 15 orang dari anggota ISIS dan 12 orang anggota Taliban telah tewas dalam sebuah pertempuran di distrik Khak-e-Safid, Provinsi Farah, pada hari Minggu lalu. Sementara itu, terdapat pula 13 orang luka-luka dari kubu ISIS dan sisanya dari kubu Taliban.

Rezaey melanjutkan bahwa Taliban juga telah menangkap 12 orang anggota ISIS, yang termasuk diantaranya merupakan warga asing perempuan, yang status kewarganegaraannya belum bisa dipastikan. Rezaey menambahkan bahwa otoritas Afghanistan tidak akan ikut campur dalam bentrok ini kecuali telah jatuh korban sipil warga Afghanistan.

Bentrokan antara dua kelompok militan tersebut pecah hanya beberapa jam saja setelah NATO usai menjalankan misinya di Afghanistan. Hal ini menandakan bahwa ISIS telah mulai tumbuh berkembang di Afghanistan, dan memanfaatkan momentum dimana Pemerintah Afghanistan masih sibuk mengatasi masalah Taliban.

Juru bicara misi NATO di Afghanistan, Armando Perez, mengatakan kepada kantor berita EFE bahwa meskipun perkembangan ISIS di Afghanistan masih belum stabil, ISIS terus melakukan perekrutan anggota dan secara perlahan memperoleh dukungan dari masyarakat. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Sejumlah Massa Duduki Kantor DPP PPP dan Memasang Kawat Berduri

Sejumlah Massa Duduki Kantor DPP PPP dan Memasang Kawat Berduri

Jakarta – Kurang lebih 100 personil polisi terlihat berjaga di sekitar kantor DPP Partai Persatuan ...