Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: Pasukan Irak Usir ISIS dari Pinggiran Ramadi

Berita ISIS Terkini: Pasukan Irak Usir ISIS dari Pinggiran Ramadi

Berita ISIS Terkini: Pasukan Irak Usir ISIS dari Pinggiran Ramadi

Angkatan darat Irak bergerak di Provinsi Anbar
(sumber foto: AFP)

Baghdad – Pasukan Pemerintah Irak bersama kelompok-kelompok militan bersenjata yang pro-Pemerintah Irak baru-baru ini dilaporkan telah berhasil mengusir kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dari pinggiran Kota Ramadi. ISIS berhasil terusir setelah sempat mengendalikan dua kawasan permukiman di pinggiran Ramadi. Dan tak sampai di situ saja, pasukan gabungan Irak kini tengah bergerak semakin dalam menuju Universitas Anbar.

Pasukan gabungan yang merebut wilayah pinggiran Ramadi tersebut terdiri dari angkatan darat, polisi, dan pasukan paramiliter (sipil bersenjata) dari kelompok militan anti-ISIS. Mereka sempat terlibat dalam adu tembak yang cukup alot dengan anggota ISIS sebelum akhirnya berhasil merebut kawasan Taesh dan Humeyrah.

Seperti dilansir dari AFP (Rabu, 27/5/2015), seorang kolonel angkatan darat Irak mengatakan bahwa ISIS telah dipaksa mundur setelah baku tembak tersebut. Hasilnya, pasukan Pemerintah Irak bersama militan Syiah berhasil menguasai dua wilayah permukiman di pinggiran Kota Ramadi.

Kolonel tersebut menjelaskan bahwa pasukan gabungan Irak tersebut kini sudah mulai mendekati wilayah Universitas Anbar, namun belum berhasil merebutnya dari ISIS. Dilaporkan pula bahwa ribuan personil militer Irak dan pasukan milisi dari kelompok Hashed al-Shaabi telah semakin mendekati Kota Ramadi.

Adapun Taesh, Humeyrah, dan Universitas Anbar merupakan lokasi-lokasi yang terletak di luar jalan utama yang mengelilingi Kota Ramadi dari arah selatan. Seorang anggota dewan Provinsi Anbar, Raja al-Issawi, mengatakan bahwa keberhasilan pasukan Irak merebut sisi selatan Kota Ramadi sangatlah krusial, terutama untuk memotong jalur logistik ISIS. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Jakarta – Hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta meyakini, dua terdakwa mantan pejabat di Kementerian Dalam ...