Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: Militer Irak Evakuasi 470 Jasad Korban Eksekusi ISIS di Tikrit

Berita ISIS Terkini: Militer Irak Evakuasi 470 Jasad Korban Eksekusi ISIS di Tikrit

Berita ISIS Terkini: Militer Irak Evakuasi 470 Jasad Korban Eksekusi ISIS di TikritBaghdad – Pihak militer Pemerintah Irak melaporkan bahwa mereka telah menggali dan mengevakuasi jasad atau sisa-sisa jasad dari 470 orang yang menjadi korban eksekusi kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di dekat Kota Tikrit. Korban-korban tersebut dieksekusi oleh ISIS pada sekitar tahun lalu, dan peristiwa ini dikenal dengan sebutan ‘pembantaian Speicher’.

Seperti dilansir dari AFP (Jumat, 29/5/2015), Menteri Kesehatan Irak, Adila Hammoud, mengatakan pada sebuah konferensi pers di Baghdad bahwa pada Kamis, 28 Mei 2015, pihak militer Irak telah menemukan 470 jasad dari para ‘syuhada Speicher’. Mereka dikuburkan secara massal di Tikrit. Para korban dipanggil dengan nama Speicher karena mayoritas dari mereka adalah milisi Syiah yang direkrut dan ditugaskan di pangkalan militer bekas Amerika Serikat yang bernama Speicher. Pangkalan militer Speicher ini yang terletak di luar Kota Tikrit.

Dilaporkan bahwa pada sekitar Juni 2014 lalu, ratusan pemuda militan dari pangkalan militer Speicher diculik oleh ISIS. Mereka kemudian digiring ke sejumlah lokasi yang berbeda, dan kemudian dieksekusi oleh ISIS. Aksi kejam ini kemudian direkam dan difoto oleh ISIS lalu kemudian diupload ke media sosial internet.

Beberapa dari jasad korban eksekusi ini dimakamkan di sejumlah kuburan massal dan sisanya dibuang begitu saja di Sungai Tigris. Kuburan-kuburan massal ini kemudian ditemukan oleh pasukan Irak yang berpatroli di sekitar wilayah Tikrit.

Pihak militer Irak melaporkan telah menemukan empat kuburan massal. Dari keempat kuburan massal tersebut, satu diantaranya memuat sekitar 400 jenazah. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Jakarta – Hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta meyakini, dua terdakwa mantan pejabat di Kementerian Dalam ...