Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: Militan Kristen Suriah Eksekusi Anggota ISIS

Berita ISIS Terkini: Militan Kristen Suriah Eksekusi Anggota ISIS

Berita ISIS Terkini: Militan Kristen Suriah Eksekusi Anggota ISIS

Pasukan militan Kristen di Suriah
(sumber foto: AFP)

Damaskus – Seorang anggota kelompok militan Kristen di Suriah dilaporkan telah mengeksekusi seorang anggota kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Anggota ISIS tersebut dieksekusi dengan cara dipenggal di Hasakeh, wilayah Suriah bagian barat laut.

Seperti dilansir dari AFP (Sabtu, 30/5/2015), Organisasi Pemantau HAM Suriah (Syrian Observatory for Human Rights – SOHR) melaporkan bahwa insiden tersebut sebenarnya telah terjadi pada Kamis, 28 Mei 2015, dan terjadi di Provinsi Hasakeh, provinsi yang sebagian besar wilayahnya telah dikuasai oleh ISIS.

Organisasi HAM yang berbasis di Inggris tersebut mengatakan lagi bahwa milisi Kristen yang dimaksud adalah bagian dari komunitas minoritas Assiria. Militan tersebut menangkap anggota ISIS yang dieksekusi tersebut di Desa Tal Shamiram.

Direktur SOHR, Rami Abdel Rahman, mengatakan bahwa anggota milisi Kristen tersebut kemudian membawa anggota ISIS yang ditangkapnya untuk dijadikan tawanan. Namun kemudian, tawanan tersebut dipenggal sebagai bentuk pembalasan atas perlakuan ISIS terhadap komunitas Assiria.

Adapun warga minoritas Kristen di Suriah memutuskan bergabung bersama pasukan militan dari etnis Kurdi, atau yang disebut dengan pasukan Peshmerga., dalam perangnya melawan ISIS. Warga Kristen Assiria ini kemudian mendapatkan pelatihan militer di Kota Fishkabur, tak jauh dari perbatasan Suriah dan Turki. Setelah dinyatakan siap bertempur, Peshmerga Kurdi pun membentuk sebuah Brigade Kristen untuk membantu mereka memerangi ISIS.

Kemampuan Brigade Kristen tersebut tidak bisa dianggap remeh. Sebagai contoh, awal bulan Mei 2015 kemarin mereka telah berhasil memukul mundur ISIS dari sekitar 12 desa di kawasan Assiria. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Jakarta – Hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta meyakini, dua terdakwa mantan pejabat di Kementerian Dalam ...