Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: Penasehat Militer Iran Terbunuh di Dekat Ramadi

Berita ISIS Terkini: Penasehat Militer Iran Terbunuh di Dekat Ramadi

Berita ISIS Terkini: Penasehat Militer Iran Terbunuh di Dekat Ramadi

Jassem Nouri

Teheran – Seorang perwira militer Iran yang ditugaskan menjadi penasehat militer untuk pasukan Pemerintah Irak dilaporkan telah tewas terbunuh di dekat Kota Ramadi. Perwira militer Iran bernama Jassem Nouri tersebut terbunuh dalam operasi militer untuk merebut kembali Kota Ramadi, yang merupakan Ibukota Provinsi Anbar, dari kendali kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Seperti dilansir dari AFP (Senin, 1/6/2015), Jassem Nouri, yang sebelumnya juga sempat menjadi penasehat militer untuk pasukan Suriah, dilaporkan telah tewas pada Kamis, 28 Mei 2015lalu. Para pemimpin politik, petinggi militer, dan keluarga besar Nouri pun berkumpul dalam sebuah upacara pemakaman yang diselenggarakan di Kota Ahvaz, Iran bagian barat daya, pada Senin kemarin (1/6/2015).

Seorang tokoh agama Iran, Qassem Khaziravi, mengatakan bahwa Jassem Nouri, yang merupakan komandan Iranian Revolutionary Guards Corps (IRGC), berada di Irak untuk membagi pengalamannya dan menjadi penasehat militer untuk pejuang Irak.

Pemerintah Iran memang diketahui memasok peralatan tempur dan penasehat militer bagi Pemerintah Irak dan Suriah, untuk membantu pertempuran mereka melawan ISIS. Namun demikian, Iran tetap membantah bahwa mereka tidak terlibat apapun dalam konflik di dua negara tersebut.

Adapun Kota Ramadi sendiri merupakan Ibukota Provinsi Anbar yang telah dikuasai oleh ISIS. Kota ini dihuni oleh penduduk yang mayoritasnya beragama Muslim Sunni. Kondisi seperti inilah yang sempat membuat Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi, ragu untuk mengirimkan pasukan militan Syiah ke tempat tersebut untuk mengusir ISIS.

Namun demikian, kondisi yang mendesak pun akhirnya memaksa PM Haider untuk mengirimkan militan Syiah, dengan Jassem Nouri di dalamnya, ke Ramadi untuk membantu pasukan Pemerintah Irak yang telah terlebih dahulu tiba di medan pertempuran. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Anggita Bersaksi Pernah Diberi Mobil dan Uang Oleh Patrialis Akbar

Anggita Bersaksi Pernah Diberi Mobil dan Uang Oleh Patrialis Akbar

Jakarta – Dalam kesaksiannya di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (24/7/2017), Anggita Ekaputri mengaku pernah diberi ...