Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: ISIS Tak Akan Semudah Itu Peroleh Nuklir dari Pakistan

Berita ISIS Terkini: ISIS Tak Akan Semudah Itu Peroleh Nuklir dari Pakistan

Berita ISIS Terkini: ISIS Tak Akan Semudah Itu Perolah Nuklir dari PakistanLondon – Telah diberitakan sebelumnya bahwa kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) sempat mengklaim bahwa mereka bisa memperoleh senjata nuklir dalam waktu kurang dari 12 bulan. Selain itu, ISIS juga mengklaim bahwa mereka bisa saja menyelundupkan senjata nuklir tersebut ke Amerika Serikat (AS) melalui jalur laut ataupun jalur darat dari Meksiko atau Kanada.

Dalam artikel yang dimuat ISIS dalam majalah propaganda mereka, Dabiq, disebutkan bahwa mereka bisa saja memperoleh senjata nuklir dari Pakistan, tentunya melalui perdagangan senjata di pasar gelap.

Seperti dilansir dari Daily Mail (Senin, 1/6/2015), menanggapi klaim ISIS tersebut, Anthony Glees, seorang Direktur Pusat Studi Intelijen dan Keamanan di Universitas Buckingham, Inggris, berpendapat bahwa pedagang-pedagang senjata di Pakistan tidak akan semudah itu menjual senjata nuklir kepada kelompok-kelompok ekstrimis macam ISIS. Glees menilai bahwa sama saja dengan bunuh diri jika menjual senjata pemusnah massal tersebut kepada kelompok kejam semacam ISIS.

Glees menuturkan bahwa jika pun ISIS telah memiliki senjata nuklir, maka hal tersebut bisa jadi bumerang bagi mereka sendiri. Sebab, hal tersebut bisa manjadi pemicu intervensi militer yang lebih luas lagi terhadap mereka.

Glees melanjutkan lagi bahwa andaikan ISIS tak berhasil memperoleh senjata nuklir dari Pakistan, maka tidak menutup kemungkinan kelompok radikal tersebut akan mencoba membeli dari sumber-sumber lainnya. Namun demikian, badan intelijen negara-negara Barat pasti akan berusaha keras untuk menggagalkan niat mereka. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

SBY Datang Ke Istana, Tanda Demokrat Dukung Jokowi di 2019 ?

SBY Datang Ke Istana, Tanda Demokrat Dukung Jokowi di 2019 ?

Jakarta – Kemungkinan Partai Demokrat untuk mendukung Joko Widodo alias Jokowi untuk maju dalam Pemilihan ...