Home > Ragam Berita > HELLADS: AS Siap Uji Coba Sistem Pertahanan Laser Terbaru

HELLADS: AS Siap Uji Coba Sistem Pertahanan Laser Terbaru

HELLADS: AS Siap Uji Coba Sistem Pertahanan Laser Terbaru

Ilustrasi penerapan HELLADS pad pesawat tempur
(sumber foto: Mirror)

Washington – Pemerintah Amerika Serikat (AS) dikabarkan tengah bersiap untuk melakukan uji coba sistem pertahanan laser berkekuatan tinggi yang abru saja mereka kembangkan. Uji coba tersebut akan diselenggarakan di fasilitas uji coba misil AS di New Mexico.

Seperti dilansir dari Mirror (Rabu, 3/6/2015), senjata laser berkekuatan tinggi tersebut diberi nama ‘High Energy Liquid Laser Defense System’ (HELLADS), dan bisa menembakkan laser listrik berkekuatan 150 kilowatt. Sistem pertahanan terbaru ini dikembangkan oleh perusahaan General Atomic Aeronautical, dengan pembiayaan yang dikucurkan oleh Defense Advance Research Projects Agency (DARPA), yang merupakan dinas pengembangan teknologi militer AS.

Tidak seperti teknologi laser ‘tradisional’, HELLADS dianggap cukup ‘compact’, ringan, dan tidak memakan banyak tempat sehingga bisa dipasangkan di pesawat udara, kapal laut, bahkan truk sekalipun. Chief Executive Officer (CEO) dari General Atomic, Linden Blue, mengatakan bahwa sangat luar biasa melihat teknologi laser telah berkembang menjadi sebuah sistem senjata yang demikian compact dan dapat segera diujicobakan.

Adapun HELLADS sejatinya merupakan sebuah sistem anti roket, misil, artileri, dan mortar. Sistem pertahanan ini berfungsi untuk menembak jatuh roket, misil, artileri, dan mortar lawan sebelum mengenai sasarannya.

HELLADS rencananya akan diujicobakan di Lokasi Uji Coba Misil White Sands (White Sands Missile Range – WSMR), yang terletak di kawasan gurun di New Mexico. General Atomic menyatakan bahwa HELLADS memegang rekor dunia sebagai alat yang mampu menghasilkan energi laser terbesar dibandingkan dengan alat-alat penghasil laser bertenaga listrik lainnya. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Demi Bisa Main Dengan PSK, Pria di Probolinggo Embat Kotak Amal Masjid

Demi Bisa Main Dengan PSK, Pria di Probolinggo Embat Kotak Amal Masjid

Probolinggo – Seorang pria yang bernama Ashari (33) nekat mencuri kotak amal masjid lantaran ketagihan ...