Home > Ragam Berita > NASA Uji Piring Terbang Sebelum Dikirim ke Mars

NASA Uji Piring Terbang Sebelum Dikirim ke Mars

NASA Uji Piring Terbang Sebelum Dikirim ke MarsWashington – Hari ini, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengadakan uji penerbangan terhadap sebuah teknologi revolusioner dalam dunia eksplorasi luar angkasa. Teknologi yang dimaksud adalah sebuah ‘piring terbang’, yang nantinya diikutsertakan dalam misi penjelajahan antariksa menuju Planet Mars di masa yang akan datang.

Seperti dilansir dari Fox News (Selasa, 2/6/2015), uji penerbangan tersebut dilaksanakan di Fasilitas Rudal Angkatan Laut Pasifik Amerika Serikat (AS) yang berlokasi di Kuaui, Hawaii. Peluncuran piring terbang tersebut akan dilakukan pada pukul 13.30 Waktu Timur (ET) dan 15.00 ET.

Dalam uji coba teknologi yang dinilai ambisius ini, NASA ayang menyertakan sebuah ‘kendaraan’ berbentuk piring terbang dengan berat 7.000 pound (setara 3.175 kg) dan sebuah balon raksasa. Begitu besarnya balon tersebut, ukurannya dikatakan setara dengan tiga kali lapangan bola.

Pada bagian pertama uji coba penerbangan ini, balon raksasa tersebut akan membawa kendaraan piring terbang tadi untuk terbang ke ketinggian 120.000 kaki dari permukaan bumi. Juru Bicara NASA, Steve Jurczyk, mengatakan bahwa NASA akan menerbangkan piring terbang tersebut ke ‘altitude’ yang tinggi untuk dapat menstimulasi kondisi atmosfer di Mars.

Setelah mencapai ketinggian 180.000 kaki, piring terbang tersebut kemudian akan terbang dengan kecepatan supersonik. Bahkan, kendaraan tersebut diekspektasikan mampu terbang dengan kecepatan hingga tiga kali kecepatan suara.

Begitu sampai pada target ketinggian yang sudah ditentukan, sebuah kantong udara akan mengembang di sekitar piring terbang tersebut. Kemudian, kantong udara tersebut sedemikian rupa akan membantu kendaraan angkasa tadi untuk menurunkan ketinggiannya secara perlahan. Piring terbang tersebut diperkirakan akan mendarat di sebuah area di Samudera Pasifik yang dekat dengan Hawaii, dua jam 15 menit setelah diluncurkan. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Bejat! Perawat Pria Ini Perkosa Mayat Perempuan Yang Baru Satu Jam Meninggal Dunia

Bejat! Perawat Pria Ini Perkosa Mayat Perempuan Yang Baru Satu Jam Meninggal Dunia

La Paz – Seorang perawat pria bernama Grover Macuchapi (27) harus berurusan dengan polisi setelah ...