Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: 10 Ribu Anggota ISIS Tewas Akibat Serangan Udara Koalisi

Berita ISIS Terkini: 10 Ribu Anggota ISIS Tewas Akibat Serangan Udara Koalisi

Berita ISIS Terkini: 10 Ribu Anggota ISIS Tewas Akibat Serangan Udara KoalisiParis – Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Amerika Serikat (AS), Anthony Blinken, mengatakan bahwa sekitar 10 ribu anggota kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) telah tewas akibat serangan udara dari Koalisi Negara Anti-ISIS di Irak dan Suriah, sejak serangan udara tersebut dimulai pada sekitar sembilan bulan lalu. Laporan Blinken tersebut disampaikannya pada Rabu kemarin (3/6/2015) pada pertemuan di Paris, Perancis.

Seperti dilansir dari Al Arabiya (Rabu, 3/6/2015), Blinken mengatakan kepada Radio France International bahwa pihak Koalisi telah banyak melihat kerugian yantg diderita oleh ISIS sejak operasi serangan udara dimulai. Blinken yakin bahwa serangan-serangan udara tersebut pasti akan memberikan dampak bagi kelompok radikal tersebut.

Pernyataan Blinken tersebut disampaikannya dalam pertemuan negara-negara Barat dan Arab yang tergabung dalam Koalisi Anti-ISIS di Paris, Perancis. Pertemuan tersebut diadakan untuk membahas langkah dan strategi selanjutnya dalam peperangan melawan ISIS.

Dalam kesempatan tersebut, Blinken menyampaikan bahwa sampai saat ini telah nampak kemajuan pesat dalam pertempuran Koalisi melawan ISIS. Namun demikian, entah bagaimana ISIS masih bisa bertahan dan bahkan melakukan inisiatif serangan.

Blinken mengatakan bahwa di awal ‘kampanye’ pertempuran melawan ISIS, sudah disampaikan kepada publik bahwa butuh waktu yang tidak sebentar untuk bisa mengalahkan kelompok ekstrimis tersebut. Menurut Blinken, pihak Koalisi sudah membayangkan sebuah rencana yang berdurasi tiga tahun, sementara operasi ini baru berjalan sekitar sembilan bulan.

Penyataan Blinken tersebut sekaligus menyangkal komentar pesimis dari Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi, yang mengatakan bahwa Koalisi tak mampu berbuat banyak dalam pertempuran melawan ISIS. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Usai Pelantikan Anies-Sandi, Jokowi dan Prabowo Tertawa Bareng

Usai Pelantikan Anies-Sandi, Jokowi dan Prabowo Tertawa Bareng

Jakarta – Acara pelantikan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI ...