Home > Ragam Berita > X-51: AS Rancang Pesawat Supersonik Seharga Rp 6,5 T

X-51: AS Rancang Pesawat Supersonik Seharga Rp 6,5 T

X-51: AS Rancang Pesawat Supersonik Seharga Rp 6,5 TNew York – Angkatan Udara Amerika Serikat (United State Air Force – USAF) dikabarkan tengah merancang sebuah pesawat terbang yang mampu terbang dengan kecepatan supersonik. Begitu cepatnya pesawat terbang tersebut, jarak antara Kota New York di AS dan London di Inggris bisa ditempuh hanya dalam waktu satu jam saja.

Seperti dilansir dari Daily Mail (Kamis, 4/5/2015), pesawat terbang supersonik tersebut direncanakan akan mulai mengudara pada tahun 2023. Mica Endsley, seorang ilmuwan USAF, mengatakan bahwa pesawat terbang tersebut akan diberi nama X051. Endsley mengatakan bahwa pihaknya telah sukses melakukan uji coba tahap pendahuluan.

Endsley menjelaskan bahwa pesawat X-51 harus memiliki bobot yang ringan untuk bisa terbang dengan kecepatan supersonik. Pesawat tersebut nantinya juga dilengkapi dengan persenjataan canggih yang bisa melumpuhkan targetnya dengan cepat dan presisi.

Kepala Laboratorium USAF, Kenneth Davidson, mengatakan bahwa pesawat tersebut memiliki kemampuan untuk bisa menembus pertahanan musuh dengan efektif karena mampu menempuh jarak yang jauh dengan waktu yang singkat. Sehingga target bisa segera dicapai dan dihancurkan.

Adapun rancangan pesawat hasil kerjasama USAF dan Boeing tersebut telah diujicobakan di Pantai Selatan California. Pesawat ini dilaporkan bisa melesat hingga lima kali kecepatan suara, yang tentunya jauh lebih cepat dari pesawat jet tempur yang telah ada saat ini.

Pihak USAF mengatakan bahwa dana untuk membangun pesawat X-51 mencapai USD 500 juta, atau setara dengan Rp 6,5 triliun. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Kasus Duel Gladiator Siswa SMA, Polisi Telah Periksa Dokter Yang Menangani

Kasus Duel Gladiator Siswa SMA, Polisi Telah Periksa Dokter Yang Menangani

Jakarta – Polisi terus mendalami kasus tewasnya seorang siswa kelas X SMA yang bernama Hilarius ...