Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: 17 Ribu Orang Tewas Selama Konflik Nigeria vs Boko Haram

Berita ISIS Terkini: 17 Ribu Orang Tewas Selama Konflik Nigeria vs Boko Haram

Berita ISIS Terkini: 17 Ribu Orang Tewas Selama Konflik Nigeria vs Boko HaramAbuja – Baru-baru beredar laporan yang mengatakan bahwa konflik Pemerintah Nigeria melawan kelompok miltian Boko Haram telah menewaskan lebih dari 17 ribu orang. Selain itu, konflik bersenjata yang dimulai sejak tahun 2009 lalu tersebut juga telah mengakibatkan 1,5 juta orang menjadi terlantar dan ratusan lainnya telah menjadi korban penculikan.

Seperti dilansir dari BBC (Kamis, 4/6/2015), berdasarkan data yang dirilis oleh organisasi kemanusiaan Amnesty International, dalam empat tahun terakhir, sekitar 7 ribu orang telah tewas dalam konflik di Nigeria. Jumlah korban tewas tersebut juga termasuk di dalam 20 ribu yang yang ditangkap selama operasi militer Nigeria dalam usahanya memberantas kelompok Boko Haram.

Amnesty International juga mencantumkan dalam laporannya bahwa pejabat senior Nigeria, yang diantaranya berasal dari jenderal dan brigadir jenderal, disarankan untuk menjadi target penyelidikan atas kasus pembunuhan, penyiksaan, dan upaya-upaya pelenyapan orang. Pihak militer Nigeria telah menyangkal tuduhan dari organisasi tersebut. Pihak militer Nigeria mengatakan bahwa laporan Amnesty International bersifat bias dan data statistik yang ditampilkan tidak konkret.

Juru Bicara Militer Nigeria, Major Jenderal Chris Olukolade, mengatakan bahwa laporan tersebut sengaja dirilis untuk menarget sejumlah nama pejabat senior yang dimaksudkan untuk merusak reputasi mereka. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Jakarta – Hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta meyakini, dua terdakwa mantan pejabat di Kementerian Dalam ...