Home > Ragam Berita > NASA Hidupkan Lagi Pesawat Concorde

NASA Hidupkan Lagi Pesawat Concorde

NASA Hidupkan Lagi Pesawat ConcordeNew York – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah menyatakan bahwa mereka berencana untuk ‘menghidupkan’ kembali Pesawat Concorde. Seperti diketahui, pesawat penumpang supersonic tersebut secara resmi berhenti beroperasi pada tanggal 24 Oktober 2003 silam.

Dilansir dari Daily Mail (Jumat, 5/6/2015), NASA dilaporkan telah mempersiapkan dana sebesar USD 2,2 juta (sekitar Rp 29,9 miliar) untuk membiayai proyek perancangan teknologi Pesawat Concorde yang terbaru. Peter Coen, salah satu ‘scientist; bidang aeronautika NASA, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan evaluasi mengenai kebisingan suara yang ditimbulkan ketika Pesawat Concorde mengudara.

Saat ini, NASA berusaha keras untuk merancang teknologi baru Pesawat Concorde yang memiliki tingkat kebisingan sangat rendah. Peter Coen mengatakan bahwa pengurangan tingkat kebisingan Pesawat Concorde merupakan pekerjaan yang sangat sulit.

Pesawat Concorde merupakan pesawat penumpang yang mampu terbang dengan kecepatan supersonik. Namun demikian, pesawat ini menimbulkan masalah berupa tingkat kebisingan mesin yang sangat tinggi, terutama ketika pesawat tersebut melakukan pendaratan di bandara. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab dipensiunkannya pesawat canggih tersebut.

NASA pun telah mengajukan satu solusi, yakni Pesawat Concorde harus terbang hingga mencapai lapisan stratosfer. Hal tersebut dilakukan untuk meredam kebisingan suara yang dihasilkan oleh mesin turbojet miliknya. NASA juga menyampaikan bahwa pihaknya belum bisa memastikan kapan tepatnya pesawat tersebut bisa kembali mengudara. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Jakarta – Hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta meyakini, dua terdakwa mantan pejabat di Kementerian Dalam ...