Home > Ragam Berita > Korut Kembangkan Satelit Observasi Militer

Korut Kembangkan Satelit Observasi Militer

Korut Kembangkan Satelit Observasi Militer

Wakil Direktur Pusat Penelitian dan Pengembangan Antariksa Korut, Paek Chang Ho
(sumber foto: AP)

Pyongyang – Pemerintah Korea Utara (Korut) baru-baru ini dikabarkan tengah mengembangkan satelit observasi Bumi yang diklaim memiliki teknologi termutakhir saat ini. Dan untuk mendukung proyek tersebut, Pemerintah Korut juga tengah mempertahankan haknya untuk meluncurkan roket kapan pun mereka butuhkan, terlepas oleh badai protes yang akan disuarakan oleh Amerika Serikat dan negara-negraa lainnya.

Seperti dilansir dari AP (Jumat, 5/6/2015), Korut telah meluncurkan satelit pertama dan sekaligus satu-satunya milik mereka pada tahun 2012 lalu. Pemerintah Korut kemudian mengumumkan bahwa mereka tengah melanjutkan riset untuk mengembangkan teknologi satelit yang lebih baru lagi. Negara tertutup tersebut belakangan ini memang diketahui menaruh perhatian lebih pada bidang antariksa.

Awal bulan Mei lalu, pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong-un, dikabarkan menghadiri sebuah pusat kendali satelit yang baru saja dibangun. Rekaman kunjungan Jong-un ini berkali-kali ditayangkan di stasiun televisi Korut.

Wakil Direktur Pusat Penelitian dan Pengembangan Antariksa Korut, Paek Chang Ho, mengatakan bahwa pihaknya tengah mengembangkan sebuah satelit observasi Bumi yang paling mutakhir. Chang Ho melanjutkan bahwa jika teknologi tersebut telah rampung, pihak Korut akan mengabarkan organisasi-organisasi internasional sebelum meluncurkan satelit tersebut ke orbitnya di luar angkasa.

Perkiraan yang beredar mengatakan bahwa Korut akan meluncurkan satelit observasi tersebut pada bulan Oktober 2015, yang juga bertepatan dengan perayaan HUT ke-70 kepemimpinan Partai Pekerja Korea. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Bejat! Perawat Pria Ini Perkosa Mayat Perempuan Yang Baru Satu Jam Meninggal Dunia

Bejat! Perawat Pria Ini Perkosa Mayat Perempuan Yang Baru Satu Jam Meninggal Dunia

La Paz – Seorang perawat pria bernama Grover Macuchapi (27) harus berurusan dengan polisi setelah ...