Home > Ragam Berita > Konflik Ukraina: 11 Negara Siap Suplai Senjata untuk Ukraina

Konflik Ukraina: 11 Negara Siap Suplai Senjata untuk Ukraina

Konflik Ukraina: 11 Negara Siap Suplai Senjata untuk UkrainaKiev – Pemerintah Ukraina baru-baru ini dikabarkan telah menandatangani kontrak pengiriman senjata dengan 11 negara. Perkembangan terbaru ini disampaikan secara langsung oleh Presiden Ukraina, Petro Poroshenko.

Seperti dilansir dari Sputnik (Jumat, 5/6/2015), Presiden Poroshenko mengatakan bahwa Ukraina telah bersepakat dengan 11 negara mengenai suplai senjata jika sampai terjadi perang di negara tersebut. Dirinya menambahkan bahwa Ukraina hanya membutuhkan tambahan senjata untuk bisa mengamankan wilayahnya.

Meski mengatakan demikian, tidak dijelaskan secara rinci negara-negara mana saja yang telah meneken kontrak dengan Ukraina. Situasi tersebut dinilai akan semakin meningkatkan ketegangan antara Pemerintah Ukraina dengan kelompok separatis pro-Rusia.

Ketegangan antara Pemerintah Ukraina dan kelompok separatis pro-Rusia semakin meninggi setelah Kamis, 4 Juni 2015, konflik bersenjata kembali terjadi di wilayah Timur negara tersebut. Baik pihak militer Ukraina dan kelompok separatis pro-Rusia saling tuding mengenai siapa yang memicu terjadinya kontak senjata.

Konflik bersenjata tersebut pecah di tengah kesepakatan gencatan senjata yang telah berlaku sejak Februari 2015. Dan melihat kondisi kedua belah pihak yang sangat sulit untuk berkompromi, banyak pengamat yang pesimis memandang prospek perdamaian di Ukraina. Gencatan senjata tersebut bisa buyar sewaktu-waktu dan pertempuran besar-besaran bisa saja segera terjadi. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Anies Menghindar Saat Ditanya UU Yang Melarang Istilah Pribumi

Anies Menghindar Saat Ditanya UU Yang Melarang Istilah Pribumi

Jakarta – Anies Baswedan menyampaikan pidato politik perdananya pasca pelantikan secara resmi Gubernur DKI Jakarta ...