Home > Ragam Berita > PM India Masuk Daftar Kriminal Dunia di Google

PM India Masuk Daftar Kriminal Dunia di Google

PM India Masuk Daftar Kriminal Dunia di GoogleNew Delhi – Foto Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi, masuk ke dalam daftar 10 sosok kriminal dunia pada mesin pencari internet Google Search, atau yang lebih dikenal dengan Google saja. Ketika netizen, istilah untuk pengguna internet, mengetikkan kata kunci “Top 10 Criminals”, maka foto PM Modi pun muncul bersanding dengan tokoh-tokoh petinggi teroris, pembunuh, pemimpin bangsa, dan diktator dunia lainnya yang dianggap sebagai ‘penjahat kelas dunia’.

Seperti dilansir dari BBC (Sabtu, 6/6/2015), tokoh-tokoh yang masuk ke dalam daftar tersebut antara lain pemimpin Libya Muammar Gaddafi dan mantan Presiden Amerika Serikat (AS) George Bush. Selain PM Modi, terdapat beberapa warga India yang masuk ke dalam daftar tersebut, yakni antara lain Menteri Arvind Kejriwal, pengacara Ram Jethmalani, dan bahkan aktor Bolywood Sanjay Dutt.

Perusahaan raksasa internet Google, selaku pemilik, pengembang, dan pengelola mesin pencari tersebut, pun meminta maaf kepada PM Modi atas kebingungan dan kesalahpahaman yang muncul akibat temuan ini. Juru Bicara Google mengatakan bahwa hasil pencarian tersebut sangatlah menggangu pihak manajemen Google, namun sama sekali tidak menunjukkan opini Google terhadap PM Modi.

Juru Bicara Google menjelaskan bahwa kadangkala mekanisme pendeskripsian sebuah gambar dalam internet dapat memunculkan hasil yang di luar dugaan. Oleh karena itu, pihak Google akan terus berusaha memperbaiki algoritma mesin pencarinya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Permintaan maaf Google ini disampaikan secara resmi setelah sebuah surat kabar Inggris menerbitkan foto PM Modi dengan metadata yang salah. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

AHY Siap Memback Up Istri Sandiaga Uno

AHY Siap Memback Up Istri Sandiaga Uno

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik secara resmi Anies Baswedan dan Sandiaga Uno ...