Home > Ragam Berita > Kasus Korupsi FIFA: Dokumen Bank Tunjukkan Aliran Dana 10 Juta Dollar

Kasus Korupsi FIFA: Dokumen Bank Tunjukkan Aliran Dana 10 Juta Dollar

Kasus Korupsi FIFA: Dokumen Bank Tunjukkan Aliran Dana 10 Juta DollarZurich – Sebuah investigasi yang dilakukan oleh kantor berita Inggris, BBC, menunjukkan sebuah bukti baru mengenai kasus korupsi di dalam kubu FIFA. Bukti tersebut berupa dokumen bank yanv menunjukkan bukti adanya aliran dana sebesar USD 10 juta yang dikirim dari FIFA ke rekening yang dikontrol oleh mantan Wakil Presiden FIFA, Jack Warner.

Seperti dilansir dari BBC (Senin, 8/6/2015), uang yang dikirim atas nama Pemerintah Afrika Selatan tersebut sejatinya akan digunakan untuk program sepak bola bagi kaum diaspora Afrika di Karibia. Namun demikian, di dalam dokumen bank tersebut tersirat bagaimana Warner justru menggunakan dana besar tadi untuk melakukan penarikan tunai, pinjaman pribadi, dan bahkan pencucian uang. Pria berusia 72 tahun, yang telah didakwa terlibat kasus korupsi oleh FBI, tersebut menyangkal semua tuduhan yang diarahkan pada dirinya.

Menurut investigasi BBC, dana USD 10 juta tersebut digunakan untuk kepentingan lain dan juga diputar-putar untuk menghilangkan jejaknya. Grup supermarket besar di Trinidad, JTA Supermarket, termasuk salah satu pihak yang menerima dana dari rekening tersebut. JTA Supermarket menerima USD 4.860.000. Selain itu, terdeteksi pula aliran dana sebesar USD 360 ribu, yang diduga ditarik oleh orang-orang ‘disekitar’ Jack Warner. Penarikan dana terbesar terdeteksi pada Februari 2008, yakni sebesar USD 1.350.000.

Adapun Jack Warner merupakan salah satu dari 14 orang yang didakwa jaksa AS telah terlibat dalam tindak pidana korupsi di dalam keorganisasian FIFA dengan nilai lebih dari USD 150 juta (setara Rp 2 triliun) dan telah berlangsung selama 24 tahun. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Bill Gates Jadi Orang Terkaya Empat Kali Berturut-turut Versi Majalah Forbes

Bill Gates Jadi Orang Terkaya Empat Kali Berturut-turut Versi Majalah Forbes

Jakarta – Bill Gates, sang pendiri Microsoft, kembali masuk menjadi orang paling kaya di seluruh ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis