Home > Ragam Berita > Pertemuan G7: Agresi Rusia Masuk dalam Agenda Pembahasan

Pertemuan G7: Agresi Rusia Masuk dalam Agenda Pembahasan

Pertemuan G7: Agresi Rusia Masuk dalam Agenda PembahasanWashington – Pertemuan negara-negara anggota G7 akan segera diadakan. Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, mengatakan bahwa salah satu agenda yang akan diangkat dalam pertemuan tersebut adalah mengenai “sikap berani menghadapi agresi Rusia”.

Seperti dilansir dari BBC Indonesia (Senin, 8/6/2015), Presiden Obama mengatakan hal tersebut ketika dirinya bersama rombongan AS tiba di Jerman pada hari Minggu kemarin (7/6/2015) untuk menghadiri pertemuan G7 tersebut. Presiden Obama menuturkan bahwa negara-negara anggota G7 akan membahas tentang masa depan bersama, ekonomi global yang membuka peluang dan lapangan pekerjaan, menjalin kemitraan bisnis yang melintasi Atlantik, mempertahankan Uni Eropa yang kokoh dan makmur, sikap terhadap agresi Rusia di Ukraina, serta menghadapi berbagai ancaman ekstrimisme dan perubahan iklim.

Pernyataan Presiden Obama ini keluar di tengah meningkatnya kekhawatiran terkait keputusan Presiden Rusia, Vladimir Putin, untuk memperkuat tekanan militernya lebih jauh lagi ke dalam wilayah Ukraina. Presiden Putin dianggap sengaja melakukan hal tersebut meski Rusia telah mendapatkan berbagai sanksi dari Eropa dan AS.

Adapun kelompok negara industri G7 tersebut sebelumnya juga dikenal dengan nama G8, dengan Rusia termasuk di dalamnya. Namun demikian, Rusia kemudian dikeluarkan dari kelompok tersebut karena melakukan akuisi Krimea dari tangan Ukraina.

Pertemuan G7 tersebut juga akan dihadiri oleh Perdana Menteri (PM) Inggris David Cameron, PM Jepang Shinzo Abe, Presiden Perancis Francois Hollande, PM Italia Matteo Renzi, dan PM Kanada Stephen Harper. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

14 Partai Dinilai Memenuhi Syarat Kelengkapan Pemilu 2019, Ini Daftarnya

14 Partai Dinilai Memenuhi Syarat Kelengkapan Pemilu 2019, Ini Daftarnya

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi menutup periode pendaftaran dan perbaikan dokumen kelengkapan ...