Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: Eksekusi 10 Anggota Taliban Afghanistan

Berita ISIS Terkini: Eksekusi 10 Anggota Taliban Afghanistan

Berita ISIS Terkini: Eksekusi 10 Anggota Taliban AfghanistanKabul – Kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dilaporkan telah mengeksekusi 10 orang anggota Taliban Afghanistan dalam sebuah pertempuran di kawasan terpencil di Provinsi Nangarhar, Afghanistan.

Dilansir dari Daily Mail (Senin, 8/6/2015), kejadian tersebut dimulai ketika puluhan anggota Taliban Afghanistan dicegat oleh anggota ISIS di wilayah Provinsi Nangarhar tadi. Anggota-anggota tersebut sejatinya tengah melarikan diri dari serangan pasukan Pemerintah Afghanistan. Sehingga bisa dikatakan, anggota Taliban tersebut lolos dari mulut macan malah masuk mulut buaya.

Sebagian dari anggota Taliban pun berhasil ditangkap oleh ISIS, dan kemudian dieksekusi. Mereka dieksekusi dengan cara dipenggal.
Adapun terdapat perbedaan keterangan mengenai jumlah korban yang dieksekusi tersebut. Media India.com menyebutkan 12 anggota Taliban telah dipenggal oleh ISIS, sementara laporan resmi Pemerintah Afghanistan mengatakan bahwa jumlah korban “hanya” 10 orang.

Provinsi Nangarhar, yang berada di perbatasan Afghanistan – Pakistan, merupakan salah satu wilayah yang ditargetkan oleh ISIS. Mereka hendak mengembangkan pengaruh serta memperkuat posisinya di wilayah tersebut sebelum kemudian bergerak untuk menggerogoti wilayah Afghanistan yang lainnya.

Konflik bersenjata antara ISIS dan Taliban Afghanistan “resmi” terjadi ketika keduanya saling menyatakan perang pada sekitar April 2015 lalu. Taliban Afghanistan mengatakan bahwa kekhalifahan global yang hendak dibangun oleh ISIS merupakan sesuatu yang tidak sah, dan oleh karenanya Taliban Afghanistan menolak tunduk terhadap kelompok tersebut.

Sebagai jawaban atas “tantangan” Taliban Afghanistan, ISIS pun mulai bergerak dan mengembangkan diri di wilayah yang Afghanistan. ISIS bahkan telah berhasil menguasai sejumlah wilayah yang sebelumnya berada di bawah kendali Taliban. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Jakarta – Hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta meyakini, dua terdakwa mantan pejabat di Kementerian Dalam ...