Home > Ragam Berita > Penyebab Meningkatnya Jumlah Muslim Rusia

Penyebab Meningkatnya Jumlah Muslim Rusia

Penyebab Meningkatnya Jumlah Muslim RusiaJakarta – Baru-baru ini dilaporkan bahwa jumlah penduduk muslim di Rusia mengalami kenaikan di tiap tahunnya. Mantan Duta Besar RI untuk Rusia, Hamid Awaludin, memiliki satu penjelasan mengenai perkembangan tersebut.

Hamid Awaludin mengatakan bahwa salah satu penyebab meningkatnya jumlah penduduk muslim di Rusia adalah karena banyak dari pemuda Rusia yang meninggal di usia muda akibat konsumsi minuman alkohol yang terlalu tinggi. Hal semacam ini tidak terjadi pada pemuda-pemuda muslim.

Bagi warga Rusia, mengkonsumsi minuman beralkohol memang suatu hal yang wajar mengingat suhu dingin yang luar biasa di negara tersebut. Namun demikian, konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan tetap akan menbawa dampak buruk bagi kesehatan.

Ditemui wartawan di Jakarta pada Selasa kemarin (9/6/2015), Hamid Awaludin menjelaskan lagi bahwa umat muslim di Rusia memiliki sikap konsisten dan taat terhadap aturan agama, yang ditunjukkan dengan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol. Selain itu, umat muslim Rusia juga membentuk komunitas-komunitas sehingga bisa saling membantu satu sama lainnya bila dibutuhkan.

Hamid menambahkan bahwa melihat kondisi tersebut, maka saat ini merupakan momen yang tepat bagi umat Islam untuk mengembangkan kerja sama dan bisnis dengan Rusia. Ditambah lagi, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev berpandangan sangat terbuka terhadap seluruh agama di dunia.

Adapun saat ini, jumlah umat muslim Rusia diperkirakan telah mencapai 20 juta orang. Jumlah tersebut merupakan 30 persen dari total populasi warga Rusia. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Sandiaga Uno Klaim 95 Persen Warga Jakarta Siap Dipimpin Anies-Sandi

Sandiaga Uno Klaim 95 Persen Warga Jakarta Siap Dipimpin Anies-Sandi

Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih yang sebentar lagi akan dilantik, Sandiaga Uno, berani ...