Home > Ragam Berita > Tiongkok Uji Coba Wahana Pembawa Misil Hypersonic

Tiongkok Uji Coba Wahana Pembawa Misil Hypersonic

Tiongkok Uji Coba Wahana Pembawa Misil HypersonicWashington – Sebuah laporan yang dierbitkan oleh surat kabar Amerika Serikat (AS), Washington free Beacon, mengatakan bahwa militer China telah melakukan uji coba sebuah wahana pengangkut misil berkecepatan hypersonic. Ini merupakan percobaan keempat yang sudah dilakukan oleh negara tersebut.

Sebelumnya, wahana tersebut sempat diujicobakan pada Januari, Agustus, dan Desember tahun 2014 lalu. Dalam uji coba keempat ini, wahana yang oleh Pentagon diberi nama WU-14 tersebut dilaporkan mampu melakukan manuver ekstrim dalam kecepatan tinggi. Uji manuver ekstrim tersebut dilakukan untuk melihat apakah WU-14 mampu menghindari sistem pertahanan anti-misil canggih seperti yang dimiliki oleh AS.

Disebutkan bahwa WU-14 mampu bergerak hingga mencapai 10 kali kecepatan suara, atau sekitar 12.359 km/jam. Wahana tanpa awak ini akan bergerak di ketinggian atmosfer dan membawa misil konvensional atau bahkan nuklir. WU-14 akan diluncurkan dengan sebuah roket balistik menuju ketinggian atmosfer, lalu melepaskan diri dari roket tersebut dan melakukan “gliding”, atau terbang meluncur tanpa mesin pendorong, menuju sasaran yang dituju. Pada saat terbang gliding inilah WU-14 bisa mencapai kecepatan hypersonic dan sulit dideteksi oleh radar.

Wahana pengangkut misil ini dikhawatirkan dapat menembus sistem pertahanan AS tanpa gangguan yang berarti. Dan seringnya militer China melakukan uji coba menandakan keseriusan mereka dalam mematangkan teknologi ini.

Seperti dilansir dari Sputnik (Jumat, 12/6/2015), Rick Fisher, seorang ahli masalah China dari International Assesment and Strategic Center, mengatakan bahwa dengan dilakukan empat kali uji coba dalam kurun waktu satu setengah tahun, menandakan bahwa China mampu menyelesaikan WU-14 dalam waktu dekat, yakni satu sampai dua tahun ke depan. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Adhyaksa Dault Komentari Tudingan Eks Menteri Anti Pancasila

Adhyaksa Dault Komentari Tudingan Eks Menteri Anti Pancasila

Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menuding ada mantan menteri yang kini menjadi komisaris ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis