Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: Pria AS Tewas Bertempur Melawan ISIS di Suriah

Berita ISIS Terkini: Pria AS Tewas Bertempur Melawan ISIS di Suriah

Berita ISIS Terkini: Pria AS Tewas Bertempur Melawan ISIS di SuriahDamaskus – Seorang warga negara Amerika Serikat (AS) dilaporkan tewas di Suriah dalam pertempuran melawan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Warga AS tersebut tewas setelah ikut bertempur bersama pasukan militan Kurdi di Suriah.

Seperti dilansir dari Al Arabiya (Kamis, 11/6/2015), warga AS tersebut diketahui bernama Keith Broomfield. Petinggi militan Kurdi Suriah melaporkan pada Rabu lalu (10/6/2015) bahwa Keith telah tewas bertempur pada 3 Juni 2015 di Desa Qentere, yang terletak tak jauh dari kota perbatasan Kobani. Pria asal Massachusetts tersebut merupakan warga AS pertama yang tewas bertempur melawan ISIS.

Nasser Haji, seorang petinggi pasukan militan Kurdi Suriah, atau yang juga dikenal dengan pasukan YPG, mengatakan bahwa Keith sudah bergabung bersama kesatuannya pada 24 februari 2015 lalu. Keith pun mendapatkan nama tempur Gelhat Raman. Nasser sendiri tidak menyebutkan secara rinci penyebab kematian Keith.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS, Jeff Rathke, mengkonfirmasi kabar mengenai tewasnya Keith. Namun demikian, dirinya juga tak mau memberikan informasi detail mengenai kabar tersebut. Rathke hanya mengatakan bahwa pihak pemerintah siap menyediakan bantuan konsuler untuk keluarga Keith.

Salah satu teman Keith yang bernama Joel O’Toole mengatakan bahwa Keith memutuskan pergi ke Suriah setelah terinsiprasi sebuah tayangan di televisi.

Pertempuran melawan ISIS baik di Irak maupun di Suriah memang telah menarik simpati dari puluhan warga negara Barat, termasuk juga veteran-veteran perang yang pada tahun 2003 pernah ikut menginvasi Irak, untuk ikut bertempur melawan kelompok keji tersebut. Warga-warga Barat tersebut banyak yang bergabung bersama kelompok militan Kurdi. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pentolan Saracen Tak Berhenti Lemparkan Senyum Saat Ditanya Wartawan

Pentolan Saracen Tak Berhenti Lemparkan Senyum Saat Ditanya Wartawan

Jakarta – Hasil perkembangan pemeriksaan polisi terhadap ketua Saracen, Jasriadi berujung pada dibawanya Jasriadi ke ...