Home > Ragam Berita > Tol Cikopo – Palimanan: Diresmikan oleh Presiden Jokowi

Tol Cikopo – Palimanan: Diresmikan oleh Presiden Jokowi

Tol Cikopo – Palimanan: Diresmikan oleh Presiden JokowiPurwakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan telah meresmikan pengoperasian Jalan Tol Cikopo – Palimanan, atau yang biasa disebut Cipali. Jalan tol sepanjang 116,75 km dan berlokasi di wilayah Purwakarta, Jawa Barat, tersebut diresmikan pada Sabtu pagi ini (13/6/2015). Jalan tol tersebut menghubungkan daerah Cikopo di Purwakarta dengan daerah Palimanan di Cirebon.

Presiden dan rombongan bergerak menuju Cikopo dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta pada sekitar pukul 08.30 WIB. Presiden dan rombongan menumpang helikopter jenis Superpuma milik TNI AU.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, memang sempat mengatakan bahwa peresmian Jalan Tol Cipali akan dipercepat dari jadwalnya semula, yakni pada 15 Juni 2015. Percepatan peresmian jalan tol tersebut dikarenakan permintaan Presiden Jokowi yang pada pekan depan ingin berkonsentrasi menyelesaikan pekerjaan di Jakarta.

Pengerjaan proyek Jalan Tol Cipali dimulai dengan peletakan batu pertama pada Desember 2011 lalu, yang dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto. Pembangunan proyek ini dilaksanakan oleh PT Lintas Marga Sedaya, dengan komposisi pemegang saham antara lain PLUS Expressways Berhard memegang 55 persen, dan PT Baskhara Utama Sedaya memiliki 45 persen. Total investasi proyek ini dilaporkan mencapai Rp 12,56 triliun, dengan masa konsesi 35 tahun. Sementara untuk pekerjaan konstruksi, dilakukan oleh Konsorsium PT Karabha Griyamandiri – PT Nusa Raya Cipta Joint Operation.

Jalan Tol Cipali ini digadang-gadang sebagai bagian dari proyek besar jalan tol Trans Jawa yang nantinya akan menghubungkan wilayah Merak di Banten hingga wilayah Banyuwangi di Jawa Timur. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Fadli Zon : "Saya Ramalkan Prabowo Akan Jadi Presiden 2019"

Fadli Zon : “Saya Ramalkan Prabowo Akan Jadi Presiden 2019”

Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, mengatakan bahwa hasil survei yang telah ...