Home > Ragam Berita > Tank Armata Rusia, Dikembangkan Menjadi Kendaraan Robotik

Tank Armata Rusia, Dikembangkan Menjadi Kendaraan Robotik

Tank Armata Rusia, Dikembangkan Menjadi Kendaraan RobotikMoskow – Rusia telah mengembangkan sebuah platform teknologi kendaraan tempur lapis baja terbaru Armata (Armata Universal Combat Platform). Salah satu yang menjadi perhatian dari teknologi ini adalah pengembangannya menjadi Main Battle Tank (MBT) T-14 Armata. Perancang Tank Armata menyatakan bahwa mesin baru yang akan dipasangkan dalam tank canggih tersebut akan mengubahnya menjadi kendaraan robotik, dan dapat dioperasikan secara automatis di medan pertempuran.

Seperti dilansir dari ABC (Jumat, 12/6/2015), sejumlah fitur canggih akan dijejalkan pada kendaraan lapis baja tersebut, antara lain:

1. Kubah yang dapat digerakkan menggunakan remote control
Tank Armata memiliki kubah yang dapat digerakkan dengan remote control sehingga kendali kubah dan moncong turret bisa digerakkan dengan presisi dan kru penembak dapat menemukan targetnya dengan cepat.

2. Kapsul terlindung dan ergonomis
Tank Armata memiliki kapsul internal untuk kru tank yang telah terlindung sedemikian rupa dari amunisi dan bahan bakar. Hal ini dapat meningkatkan survivability (harapan hidup/selamat) apabila tank tersebut tertembak.
Selain itu, kapsul kru tank tersebut juga dirancang lebih ergonomis, atau dengan kata lain, nyaman dan mudah dikendarai.

3. Sistem kendali yang telah terkomputerisasi
Seluruh sistem kendali Tank Armata sudah dirancang secara digital, baik untuk mengaktifkan sistem pertahanan diri maupun untuk melakukan penyerangan. Salah satu perancang Tank Armata, Illya Demchenko, mengatakan bahwa bagi kru-nya, mengendalikan Tank Armata terasa seperti bermain video game.
Kepala Perancang Armata, Andrei Terlikov, mengatakan bahwa teknologi terbaru yang dipasangkan dalam Tank Armata bisa membuka kemungkinan untuk dikembangkan menjadi kendaraan lapis baja yang sepenuhnya robotik di masa yang akan datang.

4. Penerapan rancangan modular
Dalam pengembangannya, Armata menerapkan rancangan modular. Artinya, Armata telah dirancang menjadi sebuah basis platform yang bisa dikembangkan menjadi berbagai senjata atau kendaraan lainnya yang lebih unik dan spesifik, misalnya dikembangkan sebagai tank, sebagai peluncur artileri, pengangkut personil, peluncur roket/misil, dan lain-lain. Nantinya, fitur ini dapat menekan biaya produksi untuk membuat peralatan militer baru sesuai kebutuhan di masa yang akan datang.

5. Pengaplikasian sistem pertahanan superior
Pihak perancang Tank Armata mengatakan bahwa mereka mengaplikasikan tipe pelindung baru yang superior, bersifat reaktif, dan mampu berimprovisasi untuk menangkal ancaman atau serangan dari lawan. Para perancang tank tersebut masih enggan menjelasikan secara detail armor seperti apa yang dipasangkan pada Tank Armata.

6. Meriam super
Tank Armarta akan dilengkapi dengan meriam berkaliber standar 125 mm, yang selain mampu menembakkan meriam, juga bisa digunakan untuk meluncurkan roket dan granat. Belum puas sampai di sana, bila situasi membutuhkan, para perancang Tank Armata mengatakan akan memasangkan meriam berkaliber 152 mm yang lebih kuat lagi. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Proyek Reklamasi, Amien Rais : "Kita Dibodohi Sama Ahok"

Proyek Reklamasi, Amien Rais : “Kita Dibodohi Sama Ahok”

Jakarta – Mantan Ketua MPR, Amien Rais kembali ‘menyerang’ mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis