Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: Iran Dukung Taliban Kerjasama Hadapi ISIS

Berita ISIS Terkini: Iran Dukung Taliban Kerjasama Hadapi ISIS

Berita ISIS Terkini: Iran Dukung Taliban Kerjasama Hadapi ISISTeheran – Pemerintah Iran dilaporkan telah memberikan dukungannya kepada kelompok Taliban Afghanistan dengan membangun sempat kamp pelatihan militer di wilayah Afghanistan. Pembangunan kamp pelatihan militer tersebut dilakukan untuk mendukung pertempuran melawan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang tengah melebarkan sayapnya di Afghanistan.

Seperti dilansir dari The Wall Street Journal (Sabtu, 13/6/2015), informasi terbaru tersebut didapatkan dari sejumlah pejabat Iran. Dilaporkan bahwa meskipun ideologi agama antara Iran dan Taliban sangat berseberangan, kedua pihak memutuskan untuk bekerjasama menghadapi ancaman ISIS. Iran, yang menganut faham syiah, memilih untuk bekerjasama dengan Taliban, yang menganut faham sunni, guna mencegah perkembangan ISIS di wilayah Afghanistan.

Kerjasama Iran dan Taliban ini terjadi terutama sekali karena pasukan Amerika Serikat dan koalisinya telah menarik diri dari Afghanistan beberapa waktu yang lalu. Iran dan Taliban pun sama-sama sepakat bahwa ancaman yang diberikan oleh ISIS di Afghanistan tidak bisa ditanggulangi sendiri oleh Pemerintah Afghanistan maupun oleh Taliban, sehingga perlu adanya kolaborasi.

Salah seorang komandan Taliban mengatakan bahwa Iran telah membayat gaji bulanannya, dan mensuplai anggotanya dengan amunisi dan persenjataan. Iran pun mengizinkan Taliban membuka kantor perwakilan di Kota Mashhad, yang terletak di wilayah timur Iran.

Saat ini Iran secara langsung terlibat dalam manajemen empat kamp pelatijhan perang bagi Taliban di Afghanistan. Keempat kamp tersebut terletak di Kota Teheran, Zahedan, Mashhad, dan di sebuah wilayah di Provinsi Kerman. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Gempa 6,4 SR Guncang Bali Pagi Ini

Gempa 6,4 SR Guncang Bali Pagi Ini

Jakarta – Warga di Pulau Dewata Bali dikejutkan dengan guncangan gempa berkekuatan 6,4 skala Richter ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis