Home > Ragam Berita > Pemimpin Al Qaeda Aljazair Tewas dalam Serangan Udara

Pemimpin Al Qaeda Aljazair Tewas dalam Serangan Udara

Pemimpin Al Qaeda Aljazair Tewas dalam Serangan UdaraTobruk – Pemerintah resmi Libya melaporkan bahwa seorang pemimpin dari kelompok Al Qaeda Aljazair yang bernama Mokhtar Belmokhtar telah tewas akibat serangan udara yang dilancarkan oleh Amerika Serikat (AS). Pria yang juga dikenal dengan sebutan Mr. Marlboro tersebut merupakan sosok penting dalam sejumlah serangan teror di wilayah Gurun Sahara dan Arab Maghribi, termasuk juga serangan terhadap sebuah restoran di Bamako, Mali, yang terjadi pada Maret 2015 lalu dan menewaskan lima orang.

Seperti dilansir dari Al Jazeera (Senin, 15/6/2015), Departemen Pertahanan AS mengatakan bahwa pada Sabtu, 13 Juni 2015 lalu, pihaknya telah melancarkan serangan kontra terorisme terhadap target yang memiliki kaitan dengan Al Qaeda. Pemerintah di wilayah timur Libya pun mengkonfirmasi adanya pesawat tempur AS yang melakukan serangan udara pada malam hari dan menewaskan Belmokhtar.

Serangan udara ini terjadi di Kota Tobruk, dan menghantam sebuah bangunan dimana para petinggi kelompok Al Ansar Al Sharia tengah mengadakan sebuah pertemuan. Meski pihak Pemerintah Libya telah mengkonfirmasi serangan tersebut, pihak Departemen Pertahanan AS masih belum memberikan keterangan apapun.

Adapun Mokhtar Belmokhtar sendiri merupakan pemimpin dari kelompok Al Mourabitoun, yang merupakan pecahan dari Al Qaeda Maghribi. Selain terlibat dalam sejumlah kasus penyerangan dan terorisme, Belmokhtar juga diduga terlibat dalam penyelundupan rokok, dengan salah satu nama alias yang digunakannya adalah Mr. Marlboro. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Gerindra Minta Jokowi Datang Langsung Ke Rohingya Berikan Bantuan

Gerindra Minta Jokowi Datang Langsung Ke Rohingya Berikan Bantuan

Jakarta – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menganggap bantuan kemanusiaan yang diberikan Indonesia untuk ...