Ramadhan 1436 Hijriah: Trik Ajarkan Puasa pada Anak



17/06/2015

Ramadhan 1436 Hijriah: Trik Ajarkan Puasa pada AnakJakarta – Bukan hal mudah untuk mengajarkan puasa kepada anak-anak. Butuh waktu yang lebih lama untuk membiasakan anak-anak untuk menahan nafsu makan dan minum dan hal-hal lainnya hang membatalkan puasa, serta membutuhkan kesabaran bagi orang tua untuk bisa menanamkan ajaran puasa tersebut.

Berikut ini beberapa tips yang bisa orang tua terapkan untuk mengajarkan puasa kepada buah hatinya :

Belajar Sambil Berlatih

Ilmu tidak akan menjadi manfaat jika tidak dipraktikkan secara langsung. Dalam mengajarkan puasa kepada anak, selain menerangkan keutamaan dan tata cara puasa, orang tua hendaknya melatih anak-anaknya untuk mencoba berpuasa sesuai dengan kemampuan mereka.

Libatkan Emosi Anak

Anak-anak bisa semakin termotivasi untuk melakukan aktivitas tertentu jika emosi mereka dilibatkan. Demikian juga dalam berpuasa. Buat emosi mereka terlibat misalkan dengan membacakan kisah-kisah insipratif, kisah-kisah Nabi Muhammad SAW, dan ciptakan suasana bulan Ramadhan yang menyenangkan dan memotivasi mereka untuk ikut berpuasa bersama orang tuanya.

Jelaskan Maksud dari Hal yang Dilakukan

Jelaskan kepada anak-anak makna dari mengerjakan puasa dan beribadah di bulan Ramadhan. Berikan mereka pengertian melalui penjelasan yang mudah dimengerti atau menggunakan kisah-kisah keteladanan. Ingatkan pula bahwa seluruh ibadah mereka harus dilakukan atas perintah Allah SWT dan bukan semata karena orang tua.

Lakukan dengan Antusias dan Penuh Kasih Sayang

Orang tua harus menunjukkan antusiasme dalam mengajarkan puasa kepada anak-anaknya. Tunjukkan semangat, dan cipatakan suasana gembira di rumah anda ketika menjalankan ibadah-ibadah di bulan Ramadhan sehingga anak-anak pun bisa ikut termotivasi.

Lakukan pula dengan penuh kasih sayang dan penuh motivasi kepada sehingga anak-anak pun bisa menjalankan puasa dan ibadah lainnya dengan tanpa terpaksa. Sesuaikan pula dengan kemampuan mereka tanpa ada paksaan dan tekanan dari orang tua.

(Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)



Google+ comment widget by skipser

Photo Gallery