Home > Ragam Berita > Konflik Yaman: Masuki Ramadhan, Rakyat Yaman Harapkan Gencatan Senjata

Konflik Yaman: Masuki Ramadhan, Rakyat Yaman Harapkan Gencatan Senjata

Konflik Yaman: Masuki Ramadhan, Rakyat Yaman Minta Harapkan Gencatan SenjataSanaa – Memasuki bulan suci Ramadhan, rakyat Yaman mengharapkan kepada seluruh kubu yang bertikai di negara tersebut untuk melakukan gencatan senjata. Hal tersebut tentunya dilakukan untuk menghormati datangnya bulan penuh rahmat bagi umat Muslim tersebut, dan juga agar tidak mengganggu masyarakat Yaman dalam menjalankan puasa dan ibadah-ibadah lainnya di bulan Ramadhan.

Seperti dilansir dari IRNA (Rabu, 17/6/2015), pada dasarnya, Kelompok Houthi, yang menjadi dalang kekacauan keamanan di Yaman dengan aksi pemberontakan mereka, telah menyampaikan keinginannya untuk melakukan gencatan senjata sebulan penuh. Keinginan Houthi ini tentunya sejalan dengan apa yang diharapkan oleh seluruh umat Muslim di negara tersebut.

Untuk mencapai hal tersebut, saat ini perundingan damai masih terus berlangsung di Jenewa, Swiss. Perundingan damai tersebut merupakan sebuah usaha yang disponsori secara langsung oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Sayangnya, harapan rakyat Yaman dan usaha perundingan damai tersebut sempat “ternodai” oleh sebuah serangan udara yang dilancarkan oleh Arab Saudi pada Rabu kemarin (17/6/2015). Serangan udara tersebut ditujukan pada basis pertahanan Houthi di Kota Sanaa.

Adapun memasuki bulan Ramadhan 1436 Hijriyah, rakyat Yaman terancam oleh kurangnya pasokan air bersih dan energi listrik. Selain itu, konflik bersenjata di negara tersebut juga mengakibatkan suplai kebutuhan bahan pokok, seperti makanan dan obat-obatan, semakin tidak menentu. Oleh karena itu, rakyat Yaman sangat mengharapkan hasil yang positif pada perundingan damai di Jenewa. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Digosipkan Dekat Dengan Menteri ESDM, Ini Dia Foto Indira Soediro

Digosipkan Dekat Dengan Menteri ESDM, Ini Dia Foto Indira Soediro

Jakarta – Publik sepekan ini dihebohkan dengan gosip yang menyebutkan dugaan skandal yang terjadi antara ...