Home > Ragam Berita > Pemerintah Bersatu Palestina Resmi Dibubarkan

Pemerintah Bersatu Palestina Resmi Dibubarkan

Pemerintah Bersatu Palestina Resmi DibubarkanGaza – Rabu, 17 Juni 2015, kemarin dilaporkan bahwa pemerintah bersatu Palestina telah resmi dibubarkan. Persatuan Pemerintah Palestina tersebut sejatinya dibentuk untuk menyatukan dua faksi yang saling bertentangan di negara tersebut, yakni faksi Hamas dan faksi Fatah.

Seperti dilansir dari BBC (Kamis, 18/6/2015), Perdana Menteri (PM) Palestina, Rami Hamdallah, juga dikabarkan telah menyerahkan surat pengunduran dirinya. Mundurnya PM Hamdallah tersebut dilakukannya sehari setelah Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, yang juga sekaligus menjabat sebagai ketua faksi Fatah, mengatakan bahwa pemerintah bersatu Palestina harus dibubarkan.

Presiden Abbas mengatakan hal yang sangat kontroversial tersebut disebabkan oleh Hamas yang tidak mengizinkan pemerintahannya berlaku di Jalur Gaza, yang notabene menjadi pusat pergerakan Hamas. Akhirnya, perpecahan pun kembali terjadi, dengan pemerintahan resmi Palestina (yang didominasi oleh faksi Fatah) menguasai daerah Tepi Barat, dan pemerintahan Hamas menguasai wilayah Jalur Gaza.

Hamas sendiri diberitakan menentang pembubaran pemerintahan bersatu tersebut, yang menurut mereka diputuskan secara sepihak. Juru Bicara Hamas, Sambi Abu Zuhri, mengatakan bahwa faksi Hamas menolak perubahan pemerintahan yang dilakukan secara sepihak tersebut, karena keputusan tersebut diambil tanpa adanya kesepakatan dari seluruh partai.

Adapun pemerintaha bersatu di Palestina baru dibentuk pada tahun 2014 kemarin. Tujuan dibentuknya struktur pemerintahan baru tersebut adalah untuk mengakhiri konflik berkepanjangan di antara Hamas dan Fatah, serta mengakomodasi kepentingan dan aspirasi dari kedua belah pihak. Usaha damai tersebut memang selalu diwarnai dengan berbagai masalah. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Panglima TNI Ditolak Masuk Wilayah AS, Ternyata Ini Alasannya

Panglima TNI Ditolak Masuk Wilayah AS, Ternyata Ini Alasannya

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dilarang memasuki wilayah Amerika Serikat oleh pihak otoritas ...