Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: ISIS Mundur dari Tal Abyad, Pengungsi Pulang Kembali

Berita ISIS Terkini: ISIS Mundur dari Tal Abyad, Pengungsi Pulang Kembali

Berita ISIS Terkini: ISIS Mundur dari Tal Abyad, Pengungsi Pulang KembaliAnkara – Pauskan militan Kurdi Suriah, atau yang juga dikenal dengan pasukan YPG, dilaporkan telah memukul mundur kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dari wilayah Kota Tal Abyad. Dengan terusirnya ISIS dari kota di kawasan perbatasan Suriah – Turki tersebut, membuat para pengungsi mulai berdatangan untuk kembali ke rumah mereka masing-masing.

Rabu lalu (17/6/2015), dilaporkan bahwa sedang terjadi gelombang pertama aliran pengungsi yang kembali ke Kota Tal Abyad. Mereka bergerak dari wilayah penampungan pengungsi di Turki. Sekitar 200 orang pengungsi, termasuk di dalamnya anak-anak dan perempuan, dengan membawa barang-barang mereka, mulai bergerak melewati pintu perbatasan Suriah-Turki yang terletak di Kota Akcakale.

Adapun serangan pasukan Kurdi Suriah, yang bekerja sama dengan sejumlah kelompok militan anti-ISIS lainnya, mulai melakukan serangan balasan menuju Kota Tal Abyad pada 11 Juni 2015 lalu. Serbuan mereka ini didukung oleh serangan udara dari koalisi anti-ISIS pimpinan Amerika Serikat (AS).

Kemenangan pasukan Kurdi tersebut terjadi hanya beberapa bulan saja setelah mereka sukses mempertahankan Kota Kobani dari serangan ISIS. Namun demikian, kemenangan pasukan Kurdi di Suriah ini justru membuat cemas Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Presiden Erdogan dikabarkan khawatir bahwa perkembangan dan kesuksesan pasukan Kurdi (YPG) di Suriah dapat memicu gerakan pemberontakan Kurdi di Turki. Pihak Pemerintah Turki menuding pasukan YPG memiliki kaitan dengan kelompok paramiliter Partai Uni Demokratik Kurdi, yang merupakan pecahan Partai Pekerja Kurdi. Partai-partai tersebut merupakan organisasi terlarang di Turki karena sempat melancarkan aksi pemberontakan pada tahun 1984. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Guru di Lamongan Mengaku Khilaf dan Minta Maaf Usai Menyebut PDIP Sarang PKI

Guru di Lamongan Mengaku Khilaf dan Minta Maaf Usai Menyebut PDIP Sarang PKI

Lamongan – Kantor DP PDIP Lamongan kedatangan seorang guru yang bernama Muadhim pada hari kamis ...