Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: ISIS Bom 5 Tempat di Yaman Sehari Menjelang Ramadhan

Berita ISIS Terkini: ISIS Bom 5 Tempat di Yaman Sehari Menjelang Ramadhan

Berita ISIS Terkini: ISIS Bom 5 Tempat di Yaman Sehari Menjelang RamadhanSanaa – Sehari menjelang dimulainya bulan Ramadhan, atau tepatnya Rabu, 17 Juni 2015, kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) meledakkan bom di lima kawasan di Yaman. Serangan bom tersebut menyasar kediaman pemimpin-pemimpin kelompok Houthi dan sejumlah masjid Syiah. Tak tanggung-tanggung, lima serangan bom tersebut terjadi di Ibukota Yaman, Sanaa.

Seperti dilansir dari AFP (Kamis, 18/6/2015), otoritas keamanan Yaman melaporkan bahwa serangan bom tersebut menewaskan sedikitnya 31 orang. Serangan bom ini pun merupakan yang kesekian kalinya dilancakan oleh ISIS. Serangan bom di Sanaa ini terjadi tiga bulan setelah kelompok radikal tersebut meledakkan beberapa masjid Syiah di wilayah Yaman. 142 orang pun harus kehilangan nyawanya dalam serangan tersebut.

Menurut laporan yang diterima oleh pers, dua bom mobil menghantam masjid Syiah dan satu lagi bom mobil meledak di sekitar kediaman pemimpin politbiro Houthi, yang bernama Saleh al-Sammad.

Kemudian, satu bom mobil lagi menghantam kediaman petinggi Houthi lainnya, yakni Tala al-Mutawakel dan sebuah masjid Syiah bernama masjid Al-Hashush, yang kompleks bangunannya masih tersambung dengan rumah Al-Mutawakel. Lokasi ini Maret lalu juga sempat menjadi sasaran bom.

Berikutnya, bom mobil juga meledakkan masjid Al-Quba Al-Khadra yang berada di distrik Hayel, yang terletak di pusat Kota Sanaa. Masjid ini ramai didatangi pendukung Houthi.

Dua masjid Syiah berikutnya yang menjadi sasaran adalah masjid Al-Kibssi da, Al-Tayssir, yang berada di distrik Al-Ziraa. Serangan bom di kedua lokasi ini terjadi ketika masjid sedang dipadati umat Syiah yang sedang menjalankan sholat maghrib berjamaah. Berbeda dengan bom-bom sebelumnya, saksi mata mengatakan bahwa bom di kedua masjid ini ditanam di dekat pintu masuk masjid.

Serangan bom ISIS di Sanaa ini memicu kemarahan dari banyak pihak, termasuk dari kelompok Al Qaeda Yaman. Kelompok ini segera merilis pernyataan bahwa mereka tak bertanggung jawab atas serangan tersebut dan menyatakan kecamannnya terhadap ISIS. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

KPK Cekal Mantan Dirut Garuda Emirsyah Satar

KPK Cekal Mantan Dirut Garuda Emirsyah Satar

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan cekal terhadap mantan Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis