Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: Presiden Jokowi Perintahkan Evakuasi 514 WNI di Suriah

Berita ISIS Terkini: Presiden Jokowi Perintahkan Evakuasi 514 WNI di Suriah

Berita ISIS Terkini: Presiden Jokowi Perintahkan Evakuasi 514 WNI di SuriahJakarta โ€“ Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan evakuasi terhadap 514 warga negara Indonesia (WNI) di Suriah. Perintah Presiden Jokowi tersebut merupakan respon dari usulan Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI), yang meminta Pemerintah Indonesia untuk segera mengevakuasi 514 WNI saat ini masih berada di negara yang sedang terancam oleh pergerakan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) tersebut.

Perwakilan Tim Komunikasi Kepresidenan, Teten Masduki, mengatakan dalam siaran pers pada Rabu, 17 Juni 2015, bahwa presiden menyambut baik usulan dari LPOI yang memintah pemerintah untuk mempercepat evakuasi WNI yang masih berada di Suriah. Presiden akan menugaskan Kementerian Luar Negeri dan lembaga-lembaga terkait untuk merealisasikannya. Teten menjelaskan lagi bahwa presiden sangat mengapresiasi kepedulian dari LPOI terhadap pencegahan dan penanggulangan radikalisme agama dan terorisme.

Dalam pertemuan antara Presiden Jokowi dengan perwakilan dari LPOI, Rabu 17 Juni 2015 lalu, LPOI juga meminta pemerintah untuk mencari kelompok-kelompok perekrut WNI untuk bergabung bersama ISIS di Irak maupun Suriah. Pemerintah juga diminta memberikan perhatian khusus kepada masuknya dana-dana asing dengan jumlah besar, yang masuknya langsung menuju kelompok-kelompok masyarakat tertentu.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi juga berharap bahwa LPOI bisa saling bersinergi dengan Kementerian Agama untuk meningkatkan kualitas keagamaan di Indonesia. Salah satu langkah yang bisa diambil adalah pelibatan LPOI dalam pengembangan pendidikan di Perguruan Tinggi Islam Moderat.

Adapun LPOI sendiri merupakan lembaga yang memayungi 12 ormas Islam yang telah berdiri sebelum kemerdekaan Republik Indonesia. Ormas-ormas tersebut antara lain: Nahdlatul Ulama (NU), Persatuan Islam (PERSIS), Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), Persatuan Umat Islam (PUI), Syarikat Islam Indonesia (SII), Mathlaul Anwar, Al-Ittihadiyah, Al Irsyad Al Islamiyyah, Azzikra, Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI), Al-Washliyah, dan Ikatan Daโ€™i Indonesia (IKADI). (Galang Kenzie Ramadhan โ€“ www.harianindo.com)

x

Check Also

Meski Ditunda, PPP Kubu Romi Pastikan Tetap Dukung Ahok-Djarot

Meski Ditunda, PPP Kubu Romi Pastikan Tetap Dukung Ahok-Djarot

Jakarta โ€“ Meskipun acara deklarasi dukungan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kubu Romahumurziy atau Romi kepada ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis