Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: AS Kesulitan Latih Militan Suriah untuk Hadapi ISIS

Berita ISIS Terkini: AS Kesulitan Latih Militan Suriah untuk Hadapi ISIS

Berita ISIS Terkini: AS Kesulitan Latih Militan Suriah untuk Hadapi ISISWashington – Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa pihaknya mengalami kesulitan dalam melatih anggota militan Suriah untuk menghadapi kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Kesulitan AS tersebut diutarakan langsung oleh pihak Pentagon (kantor Departemen Pertahanan AS) pada Kamis lalu (18/6/2015).

Seperti dilansir dari Al Arabiya (Jumat, 19/6/2015), menurut keterangan yang diberikan oleh Juru Bicara Pentagon, Kolonel Steve Warren, hanya sekitar 100 hingga 200 orang anggota militan pemberontak Suriah yang aktif terlibat dalam pelatihan militer yang dilangsungkan di wilayah Jordania dan Turki tersebut. Padahal, target diharapkan oleh Pentagon adalah sebanyak 5.000 orang anggota militan.

Menteri Pertahanan AS, Ashton Carter, mengatakan bahwa sangat sulit menemukan dan merekrut anggota kelompok pemberontak di Suriah yang berpandangan cukup moderat dan memiliki tekad yang besar untuk melawan ISIS.

Selain sejumlah kesulitan dalam hal perekrutan partisipan, program pelatihan militer tersebut juga terkendala oleh perbedaan strategi antara AS dan sekutu-sekutunya di sekitar wilayah Timur Tengah, misalnya seperti Turki. Pemerintah Turki menganggap bahwa fokus AS dalam memerangi ISIS telah mengalihkan perhatian mereka terhadap upaya untuk meruntuhkan rezim presiden Suriah saat ini, yaitu Bashar al-Assad, yang juga dikenal menyengsarakan rakyat Suriah.

Adapun kesulitan serupa juga dialami AS di wilayah Irak. Menhan Carter menuturkan bahwa pihak Irak tak mengirimkan jumlah personil yang sesuai untuk mencukupi target pelatihan militer tersebut. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Daftar Ke KPU, Eggi Sudjana Klaim PPB Partai Paling Bersih

Daftar Ke KPU, Eggi Sudjana Klaim PPB Partai Paling Bersih

Jakarta – Pengacara kondang Eggi Sudjana baru saja mendaftarkan partai yang baru saja dipimpinnya bernama ...