Home > Ragam Berita > Pengungsi Rohingya: Pemerintah Jepang Berikan Bantuan Rp 46 Miliar

Pengungsi Rohingya: Pemerintah Jepang Berikan Bantuan Rp 46 Miliar

Pengungsi Rohingya: Pemerintah Jepang Berikan Bantuan Rp 46 MiliarTokyo – Kementerian Luar Negeri Jepang menyatakan bahwa pihaknya akan memberikan bantuan senilai 2,2 juta poundsterling, atau setara dengan Rp 46 miliar, kepada pengungsi Rohingya.

Seperti dilansir dari IB Times (Sabtu, 20/6/2015), niat baik Pemerintah Jepang tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Jepang, Fumio Kishida. Menlu Kishida mengatakan bahwa bantuan senilai 2,2 juta poundsterling tersebut akan dibagikan kepada pengungsi-pengungsi Rohingya yang saat ini tersebar di sejumlah negara, dan disalurkan melalui UNHCR dan Organisasi Internasional untuk Migrasi (International Organization for Migration / IOM).

Kishida menambahkan bahwa bantuan tersebut akan digunakan untuk menyediakan tempat tinggal sementara, makanan, dan obat-obatan. Dikatakan pula bahwa Pemerintah Jepang sangat berkomitmen untuk membantu berbagai isu terkait migrasi ilegal di kawasan Asia, termasuk di antaranya kasus pengungsi Rohingya.

Sebagaimana banyak diberitakan sebelumnya, Pemerintah Myanmar tidak bersedia mengakui etnis Rohingya sebagai warga negaranya. Menurut Pemerintah Myanmar, etnis Rohingya, yang mereka juluki Kaum Bengali, merupakan pendatang ilegal yang berasal dari negara tetangga mereka, yakni Bangladesh.

Rohingya sendiri merupakan etnis Muslim minoritas di Myanmar yang mayoritas penduduknya memeluk agama Buddha. Dengan adanya gerakan nasional anti Rohingya di Myanmar yang terjadi beberapa bulan ke belakang, etnis tersebut pun terusir dari negara tersebut dan mengungsi ke sejumlah negara di kawasan Asia. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Polisi Berhasil Gagalkan Penyelundupan 1 Ton Sabu, Ini Kata Presiden Jokowi

Polisi Berhasil Gagalkan Penyelundupan 1 Ton Sabu, Ini Kata Presiden Jokowi

Jakarta – Presiden Joko Widodo memberikan apresiasinya terhadap keberhasilan Polri dalam menggagalkan upaya penyelundupan 1 ...