Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: ISIS Coba Serang Kembali Kota Kobani

Berita ISIS Terkini: ISIS Coba Serang Kembali Kota Kobani

Berita ISIS Terkini: ISIS Coba Serang Kembali Kota Kobani

Suasana Kota Kobani di bawah pengamanan pasukan Kurdi Suriah
(sumber foto: AFP)

Damaskus – Kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dilaporkan kembali mencoba melakukan serangan terhadap Kota Kobani, Suriah. Kelompok radikal tersebut melancarkan serangan bom bunuh diri dan melakukan serangan kepada pasukan militan Kurdi yang bertugas mengamankan kota perbatasan tersebut.

Seperti dilansir dari AFP (Kamis, 25/6/2015), Rami Abdel Rahman, Direktur Lembaga Pemantau Ham di Suriah (Syrian Observatory for Human Rights / SOHR), mengatakan bahwa ISIS telah meledakkan bom bunuh diri di sebuah kawasan di dekat pintu masuk perbatasan dengan Turki. Lima orang dilaporkan tewas akibat bom bunuh diri tersebut.

Selain itu, lanjut Rami, pertempuran sengit juga sedang terjadi di pusat Kota Kobani. Menurut saksi mata di lokasi, terlihat banyak jasad yang berjatuhan di jalanan. Belum disebutkan secara rinci berapa jumlah korban tewas akibat pertempuran terbaru ini. Rami juga mengatakan bahwa anggota ISIS tersebut bergerak masuk ke Kota Kobani dari arah Turki.

Di lain tempat, Pemerintah Turki membantah laporan dari SOHR tersebut. Pihak Turki mengatakan bahwa anggota ISIS tidak masuk dari Turki, melainkan dari wilayah Jarablus, Suriah. Pernyataan ini disampaikan oleh Pemerintah Provinsi Sanliurfa, Turki, yang memang berbatasan langsung dengan Suriah, khususnya Kobani.

Pejabat pemerintah pusat Turki pun mendukung pernyataan Pemerintah Provinsi Sanliurfa tersebut. Disebutkan bahwa Turki memiliki bukti kuat bahwa anggota ISIS tidak pernah ada atau menyeberang dari wilayah Turki menuju Suriah.

Adapun aktivis Kurdi Suriah, Arin Shekhmos, tetap ngotot mengatakan bahwa anggota ISIS datang dari gerbang perbatasan Mursipitnar, Turki. Mereka menyamar dengan mengenakan seragam pasukan YPG (Kurdi Suriah) ketika menyeberangi perbatasan tersebut. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Warga Ungkap Kejanggalan Kecelakaan Setya Novanto

Warga Ungkap Kejanggalan Kecelakaan Setya Novanto

Jakarta – Setya Novanto beberapa waktu belakangan ini sedang menjadi buronan oleh penyidik Komisi Pemberantasan ...